http://www.kumpulanmisteri.com

Fakta-fakta Yang Mengungkapkan Kemana Perginya Ruh Orang yang Meninggal Dunia
Kematian merupakan sebuah perkara yang mutlak di lalui oleh setiap makhluk yang berada di bumi ini. Menurut ilmu kedokteran mati merupakan peristiwa yang terjadi akibat berhentinya satu fungsi tubuh manusia yaitu berhentinya pernapasan secara permanen sehingga menyebabkan matinya fungsi otak secara total. Setelah mengalami proses ini maka yang tertinggal hanyalah jasad manusia semata, lalu kemanakah ruhnya?
Ada beberapa keyakinan yang menjelaskan kejadian setelah meninggal dunia, diantaranya adalah:
1. Arwah manusia masih gentayangan di sekitar rumahnya
Banyak orang yang menyatakan bahwa mereka telah bermimpi bertemu dan berbicara dengan ruh saudaranya yang telah meninggal. Ada sebagian lagi yang menyatakan bahwa arwah orang yang telah meninggal akan berada di sekitar rumahnya selama 40 hari setelah kematiannya. Apakah demikian kebenarannya?
2. Keyakinan alam para leluhur
Dunia orang mati menurut keyakinan sebagian orang adalah alam leluhur. Para leluhur manusia selalu memantau dan memandu bahkan ikut membantu persoalan anak cucunya. Tetapi keyakinan ini tidak mempunyai dasar yang kuat.
3. Reinkarnasi
Sebagian besar orang mempercayai bahwa ruh manusia akan mengalami reinkarnasi. Ada beberapa agama juga mempercayai hal tersebut. Jika seseorang selama di dunia memiliki perilaku baik maka setelah mati dia akan reinkarnasi menjadi manusia kembali, tetapi jika semasa hidupnya dia memiliki perangai buruk maka akan bereinkarnasi menjadi binatang. Fenomena reinkarnasi ini konon pernah terjadi pada seorang nenek yang meninggal dunia bertepatan dengan kelahiran cucunya. Cucu tersebut tumbuh menjadi seseorang yang mirip sekali dengan neneknya baik dalam ciri fisik maupun tingkah laku dan kebiasaannya yang sama persis dengan sang nenek.
4. Menuju tujuh tempat
Menurut sahabat Nabi yaitu Abu Bakar, ada tujuh tempat ruh orang yang meninggal dan penempatan tersebut sesuai dengan perbuatan manusia selama di dunia. Ketujuh tempat itu adalah:
  • Surga Adnin adalah tempat bagi ruh para Nabi dan Rosul Allah.
  • Surga Firdaus adalah tempat bagi ruh para ulama yang menyiarkan agama Allah.
  • Surga Illiyin adalah surga bagi semua manusia yang berbahagia yaitu manusia yang senantiasa beriman kepada Allah.
  • Ruh pada Syuhada’ akan berterbangan di surga sesuai kehendak mereka
  • Ruh orang mukmin yang memiliki banyak dosa akan terkatung-katung tidak berada di bumi maupun di langit sampai hari kiamat datang.
  • Semua ruh anak-anak orang yang beriman akan diletakkan di gunung yang terbuat dari minyak misik.
  • Ruh orang kafir akan di masukkan kedalam neraka Sijjin dan akan mendapat siksa yang pedih sampai hari kiamat datang.

 

Didalam hadits Nabi telah disebutkan bahwa manusia yang telah meninggal dunia maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga perkara yaitu amal jariyah atau harta yang digunakan ke jalan Allah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh. Sehingga sebagai umat muslim kita harus berjaga-jaga untuk menghadapi kematian dengan melaksanakan tiga perkara tersebut.
Itulah beberapa penjelasan tentang jawaban kemana perginya ruh orang yang meninggal dunia? dan anda dapat mengambil pelajaran darinya.