http://www.kumpulanmisteri.com

Terkadang kita menganggap remeh sedekah, dan kadang beberapa dari kita bahkan tidak mau mengeluarkan uang untuk bersedekah dengan dalih bahwa mereka tidak memiliki uang yang cukup, bahwa mereka bukan dari orang berada yang bahkan untuk makan saja sulit. Tapi apakah ini merupakan sudut pandang yang benar? Bagaimanakah pandangan islam mengenai sedekah dan apa yang bisa menjadi timbal balik saat kita sudah berniat bersedekah?

Keajaiban Sedekah yang Tidak Kita Sadari, Diambil Langsung dari Al-Qur’an
Ternyata, banyak kelebihan melakukan sedekah yang tertulis di Al-Qur’an yang mungkin kita tidak ketahui, dan hal-hal tersebut adalah:
• Surat Al-Baqarah ayat 245
Pada ayat yang satu ini dijelaskan bahwa siapapun yang rela untuk memberikan pinjaman kepada Allah SWT maka akan dikembalikan dua kali lipat. Pinjaman yang dimaksud disini adalah dengan menafkahkan apa yang dimiliki di jalan Allah, dan jika hal tersebut berhasil dilakukan maka Allah SWT akan dengan senang hati melapangkan rezeki orang tersebut. Inilah salah satu manfaat dari bersedekah yang tidak diketahui oleh banyak orang.
• Surat Al-Baqarah ayat 261
Lewat ayat yang kali ini, dijelaskan bahwa sesungguhnya mereka yang dengan ikhlas menafkahkan harta yang mereka miliki di jalan Allah, maka mirip dengan sebuah biji yang menumbuhkan tujuh buah bulir, dimana tiap bulirnya berisi seratus biji. Keajaiban sedekah yang tidak kita sadari ini membuat Allah SWT memberikan kita jauh lebih banyak daripada apa yang kita butuhkan, dimana kita akan diberikan kira-kira sekitar 700 kali lipat dari apa yang kita beri kepada orang lain.
• Surat Al-Baqarah ayat 267
Ayat pada surat ini memiliki arti yang kira-kira bahwa Allah memerintahkan kita sebagai manusia untuk menafkahkan sebagian harta yang merupakan hasil pekerjaan baik kita, dan jangan pernah sekali-kali memberi sedekah lewat harta dari pekerjaan yang buruk. Hukum bersedekah dengan uang haram adalah juga haram, dan sesungguhnya Allah SWT maha mengetahui apa yang diperbuat oleh umatnya.
• Surat Al-Baqarah ayat 274
Arti dari ayat ini adalah bagaimana mereka yang menafkahkan hartanya dari siang hingga malam baik itu secara sembunyi-sembunyi atau secara terbuka, niscaya mereka akan dapat pahala di sisi Allah SWT. Dipastikan bahwa orang-orang tersebut juga tidak akan pernah dibuat resah maupun dibuat khawatir meskipun apapun yang terjadi.
• Surat An-Nisaa ayat 114
Di surat an-Nisaa ini agak berbeda dengan yang lain-lainnya, dimana ayat ini menceritakan tidak ada kebaikan pada bisikan orang-orang, kecuali jika orang-orang tadi menyuruh untuk memberi sedekah, untuk mengadakan perdamaian, atau untuk berbuat demi mencari ridha Allah. Jika ada orang-orang seperti itu, maka mereka akan diberikan pahala yang amat sangat besar. Hanya dengan mengajak orang lain untuk turut bersedekah saja kita sudah mendapatkan pahala yang luar biasa besar.
Ayat-ayat di atas hanyalah sebagian kecil dari sumber-sumber yang mengatakan tentang keindahan bersedekah, karena sesungguhnya masih belum kita bahas apa yang dikatakan hadits mengenai ini. Kita semua sama-sama tahu bahwa hadits selayaknya adalah perkerjaan dan perkataan yang diucapkan dan dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya yang diriwayatkan oleh orang-orang terdekatnya. Jika memang sedekah sedahsyat itu, sudah pasti Nabi Muhammad SAW akan menyarankannya, terlebih mengingat adanya keajaiban sedekah yang tidak kita sadari.