http://industri.kontan.co.id

PT. BESTPROFIT FUTURES

JAKARTA. Perusahaan Jepang menunjukkan komitmennya untuk melanjutkan investasinya di Indonesia. Hal ini ditunjukkan Keidanren, sebuah asosiasi bisnis berpengaruh yang beranggotakan eksekutif dan perusahaan besar di Jepang, datang ke Indonesia untuk mendiskusikan kelanjutan investasi, kerjasama bisnis kedua negara.

I Made Dana Tangkas, Head of Permanante Committee on Industrial Policy & Regional Empowerment Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) mengatakan bahwa pertemuan tadi membicarakan bagaimana memperkuat hubungan bisnis antara Indonesia dengan Jepang. “Investasi Jepang diharapkan jadi nomor satu di Indonesia. Karena banyak peluang bisnis di Indonesia banyak bisa diisi oleh Jepang,” ujar Made usai pertemuan antara Keidanren, KADIN, dan Kementerian Perindustrian pada Kamis (9/4).

Ia mengatakan Jepang memiliki kemampuan dan keahlian yang diperlukan untuk mendorong industri di Indonesia. “Di bagian bahan baku, di otomotif misalnya, Indonesia belum bisa bikin baja untuk otomotif, resin untuk otomotif. Perlu dikembangkan investasi agar bisa mensubsitusi impor,” ujar Made yang juga merupakan Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Suryo Bambang Sulisto, Ketua KADIN mengatakan belum ada investasi baru, masih sama seperti yang diungkapkan Presiden Jokowi tempo hari. “Mereka ke sini untuk melanjutkan follow-up investasi, dan berdiskusi lanjutan,” ujar Suryo.

Berikut daftar peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut:

1. Keidanren

2. Toray Industries

3. Mitsui Fudosan Co, Ltd

4. Mitsubishi Corp

5. Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ

6. Marubeni Corp

7. East Japan Railway Co. (JR East)

8. Dai-Ichi Life Insurance

9. Asahi Group Holdings

10. Tokio Marine & Nichido Fire Insurance

11. Nippon Steel and Sumitomo Metal

12. Toyota Motor Corp

13. Toshiba Corp

14. Nomura Securities Co, Ltd

15. ANA Holdings Inc

16. Teijin Ltd

Editor: Yudho Winarto

PT. BESTPROFIT FUTURES