Bestprofit Futures Jakarta

Alibaba Group akan segera memulai pesta belanja online, 11.11 Global Shopping Festival pada pukul 24.00 waktu setempat, atau pukul 23.00 WIB. Saat ini, sekitar 4.500 pengunjung memadati acara Gala yang digelar Alibaba, menuju pembukaan pesta belanja online selama 24 jam tersebut Bestprofit Futures Jakarta.

Acara ini juga diliput 200 wartawan asing, dari berbagai negara. Hadir menyemarakkan acara, sejumlah bintang olahraga seperti David Beckham dan Victoria Beckham. Serta pebasket NBA Kobe Bryant. Sementara penyanyi pop ternama, Katty Perry batal hadir dalam acara gala ini, disebabkan alasan keluarga. Namun ada band One Republic yang menyanyikan dua lagu.

Acara gala pembukaan 11.11 Global Shopping Online ini diselenggarakan di stadion Shenzen Universiade Sports Center di kota Shenzen, China. Seperti diketahui, pesta belanja online 11.11 ini pada tahun lalu bernama Singles Day atau Hari Jomblo. Acara ini selalu diselenggarakan pada 11 November sejak 2009.

Pada tahun lalu, Alibaba Group meraih pendapatan sebesar 14,3 miliar dollar AS hanya dalam waktu 24 jam saja melalui ajang Singles Day. Sementara pada tahun ini Alibaba mengaku tidak mematok target khusus, tetapi diperkirakan ajang 11.11 ini akan mendulang pendapatan hingga 17 miliar dollar AS dari ratusan juta konsumen Alibaba di China saja.

Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di dunia, akan menyelenggarakan Festival Belanja Global 11.11 pada Kamis mendatang. Ajang ini merupakan pesta belanja online selama 24 jam. Alibaba yang bermarkas di hangzhou, China, memperoleh 14,3 miliar dollar AS untuk penjualan barang-barang pada ajang 11.11 di 2015 lalu.

Pada tahun ini, Alibaba memperluas cakupan wilayah festival, lebih luas, lebih interaktif dan lebih menyenangkan dibanding ajang sama dari negara manapun di seluruh dunia. Sekadar informasi, ajang 11.11 Alibaba ini sudah dimulai sejak 2009 silam.  Ajang yang selalu diselenggarakan pada 11 November ini biasanya termasuk acara live streaming peragaan busana selama delapan jam.

Ajang ini juga menyertakan pengalaman berbelanja menggunakan virtual reality, serta ada sebuah gala sebelum ajang pesta belanja online tersebut dimulai di tengah malam. “Ajang 11.11 sudah berkembang jauh melebihi ajang penjualan online selama 24 jam,” kata CEO Alibaba, Daniel Zhang, dalam pernyataannya.

“Dari saat ini hingga 11 November, konsumen akan menemukan, mengeksplorasi, bermain, melihat, memberikan komen dan berbagi, merekomendasikan serta berbelanja dari seluruh ekosistem dan merchant kami baik online ataupun offline.

Untuk pesta 11.11 pada tahun ini, Alibaba telah mengintegrasikan pengalaman berbelanja online dan offline di 60.000 toko termasuk Uniqlo, Gap, riteler elektronik Suning serta banyak mal di China, Intime, untuk tujuh kategori produk, yang hanya dijual secara online di Tmall.

Ketersediaan produk yang terjual juga dijamin dalam ajang kali ini. Setiap ada produk yang terjual, maka sistem segera mengecek ketersediaan barang di toko offline.

Globalisasi

Pada tanggal 10 November malam, Alibaba menggelar 11.11 Countdown Gala Celebration. Pada tahun ini, Gala ini dilaksanakan di Shenzen. Maknanya, bahwa kota ini garda depan China pada dunia dan merepresentasikan semangat inovasi dan berfikir maju. Penyanyi pop kenamaan Katy Perry akan jadi tamu kehormatan dan jadi duta besar global untuk mempromosikan gala Alibaba ke dunia.

Alibaba mengatakan akan terus mengembangkan bisnis e-commerce dan media platformnya yang saat ini memiliki 400 juta pengguna, sebagai pintu masuk untuk China dan konsumen Tionghoa mencari merek internasional.

Sejumlah merek global yang turut serta dalam ajang ini yakni Adidas, Procter & Gamble, Estee Lauder dan Costco. Merek-merek ini berpaling ke Alibaba sebagai salah satu kanal pertumbuhan penjualannya. Sedangkan merek Burberry, Apple, Target, Maserati, Victoria’s Secret and kosmetik Perancis Guerlain, memulai debut di ajang 11.11 tahun ini. Chief Marketing Officer Alibaba Group, Chris Tung, mengatakan bahwa globalisasi masih jadi fokus pada ajang 11.11 tahun ini. Tetapi Alibaba tetap mencari cara yang lebih inovatif mendorong trafik konsumen.

“11.11 Shopping Festival menjadi tolok ukur penjualan ritel secara online selama tujuh tahun terakhir. kami terus menaikkan target hingga tahun ini untuk menemukan pengalaman berbelanja terbaik untuk konsumen dan merchant di seluruh dunia,” pungkas CEO Alibaba Group Daniel Zhang.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)