http://female.kompas.com

KOMPAS.com — Politik kantor bisa membuat seorang karyawan stres di tempat kerja, kondisi ini tidak mungkin dihindari karena bagaimana pun Anda tetap harus bersikap profesional. Namu, bukan berarti tidak ada jalan keluar. Berikut uraiannya:

1. Observasi lewat makan siang
Sangat penting untuk pergi makan siang bersama dengan teman-teman kantor. Momen ini bisa menjadi “cara” untuk mengetahui topik yang tengah hangat dibicarakan. Nah, manfaatkan fase ini untuk menjadi pendengar dan pengamat. Disarankan untuk tidak terlalu banyak berbicara dan berkomentar terhadap hal-hal yang tidak Anda ketahui secara tepat.

2. Berteman dengan sekretaris
Sekretaris biasanya adalah “nara sumber” tepat untuk mencari tahu seluk beluk politik kantor dengan baik. Bertemanlah dengan dirinya, tetapi ingatuntuk tidak terlalu ikut campur dengan gosip-gosip yang disampaikannya.

3. Lakukan pekerjaan dengan baik
Lakukanlah tugas-tugas Anda dengan baik dan profesional. Terkadang sebaik apapun Anda bekerja pasti ada saja pihak yang tak suka. Santailah dan dan tak perlu cemas, sikapi rival dengan bijak serta terencana.

4. Berbusana pintar dan cantik
Dengan berpakaian seperti profesional maka Anda secara langsung meningkatkan rasa percaya diri. Nah, penampilan yang proporsional dan pantas, tanpa Anda sadari dapat secara tak langsung mengintimidasi saingan di tempat kerja.

5. Jadilah orang yang baik
Tetaplah menjadi orang yang baik meski dengan musuh Anda sekalipun. Sebab, menjadi orang baik akan menjadi nilai tambah Anda di mata orang lain, sekaligus penghargaan bagi diri Anda sendiri.