Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari duniafitnes.com

best profit 161Stres diketahui dapat memperlambat metabolisme tubuh seseorang khususnya wanita sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Para peneliti dari Ohio State University, US, membuat satu studi yang melibatkan 58 wanita usia 53 tahun, setiap para peserta studi ditanya mengenai tingkat stres mereka setiap hari.

 

Kemudian para peserta diberi makanan dengan total kalori sebesar 930 kalori termasuk 60 gram lemak.

 

Lalu para peneliti menganalisa berapa lama waktu yang dibutuhkan para peserta tersebut untuk membakar lemak dan kalori di dalam tubuh.

 

Hasilnya diketahui bahwa rata – rata wanita yang mengalami satu kali atau lebih stres dalam waktu 24 jam mereka hanya mampu membakar 104 kalori, lebih sedikit daripada mereka yang tidak stres.

 

Menurut para peneliti, dalam setiap hari perbedaan itu bisa menambahkan kenaikan berat badan hingga hampir 4,9 kg per tahun.

 

Alasannya, wanita stres memiliki kadar hormon insulin yang diketahui dapat memberikan kontribusi untuk menyimpan lemak didalam tubuh.

 

“Dari waktu ke waktu, stres bisa menyebabkan kenaikan berat badan,” kata penulis studi Janice Kiecolt-Glaser, seorang profesor psikiatri dan psikologi di Ohio State University, US.

 

“Kita tahu, bahwa kita cenderung untuk makan makanan yang salah ketika sedang stres, dan menurut data kami diketahui bahwa ketika makan makanan yang tidak sehat berat badan menjadi lebih mungkin bertambah karena ketika stres metabolisme tubuh melambat,” sambung Glaser.

 

Pada studi sebelumnya ditemukan bahwa orang stres atau memiliki masalah mood lainnya berada pada tingkat risiko yang lebih tinggi untuk menjadi kelebihan berat badan atau obesitas, penemuan baru ini juga akan menambah bukti kuat akan hal tersebut.

 

“Kita semua tahu, bahwa kita tidak dapat selalu menghindari stres dalam hidup, tapi satu hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah kenaikana berat badan adalah dengan memiliki pilihan makanan yang sehat untuk disimpan di rumah, sehingga ketika stres datang kita bisa mengambil makanan yang tepat,” ujar Martha Belury, seorang profesor nutrisi manusia dan juga rekan penulis studi.

 

Nah ladies, sudah tahu kan’ akibat dari stres? Maka dari itu tetap sehat dan bugar agar terhindar dari stres.(boy)