http://bisnis.news.viva.co.id

VIVA.co.id – Liburan memang bukan merupakan kebutuhan pokok, namun kita semua pasti senang berlibur. Lebih menarik lagi, jika pergi berlibur bersama dengan keluarga tercinta.

Bestprofit Futures Jakarta

Quality time yang didapatkan dengan liburan akan membuat ikatan yang kuat antaranggota keluarga dan membuat pikiran, serta badan terasa segar kembali, setelah berhari-hari dijejali dengan padatnya rutinitas.

Namun, kebanyakan keluarga menunda liburan, sebab masih mengumpulkan biaya. Padahal, tidak selalu liburan membutuhkan biaya yang super mahal.

Anda dan keluarga dapat mengakalinya, sehingga tetap bisa liburan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Agar tidak menjadi keluarga yang kurang piknik, beberapa langkah ini dapat Anda terapkan untuk menyusun rencana liburan keluarga Bestprofit Futures Jakarta.

1. Rencanakan dengan matang

Rencana merupakan bagian awal terpenting yang harus dilakukan sebelum Anda dan keluarga berlibur. Hindari menentukan secara spontan akan ke mana Anda dan keluarga akhir pekan ini, jika tidak ingin keluar terlalu banyak biaya.

Sebaliknya, buatlah sebuah rencana jika ingin liburan. Baik ke tempat yang jauh maupun ke tempat rekreasi yang dekat sekali pun. Pikirkan tempat-tempat apa saja yang akan Anda kunjungi bersama keluarga.

Cari tahu biaya tiket masuk, perkiraan biaya konsumsi di tempat wisata, serta biaya yang perlu dikeluarkan untuk transportasi.

Jika ingin bepergian selama beberapa hari, jangan lupa pula untuk menganggarkan biaya penginapan. Setelah rencana anggaran liburan sudah dibuat, tambahkan pula biaya cadangan sekitar 10-20 persen untuk hal-hal darurat dan tidak terduga.

Baca Juga: Pengertian Inflasi dan Cara Untuk Menghadapinya

2. Lakukan sedikit usaha untuk menekan biaya

Anda dan keluarga bisa saja menghemat pengeluaran dengan membawa konsumsi sendiri. Misalnya, jika bepergian ke tempat wisata yang dekat, atau memasak sendiri, dan tidak makan di restoran yang biasanya lebih mahal sedikit di sekitar tempat wisata.

Jika Anda dan keluarga berlibur jauh ke luar kota atau luar negeri, coba ingat kembali apakah ada rumah keluarga, atau kerabat yang bisa dijadikan tempat menginap. Selain mempererat silaturahim, tentu saja menginap di tempat orang yang dikenal lebih aman serta dapat menekan biaya penginapan.

Untuk transportasi, jika Anda dan keluarga memerlukan akomodasi berupa pesawat atau pun kereta, pintar-pintarlah memilih waktu liburan dan cermatilah tiket-tiket diskon yang biasanya banyak dipromosikan.

Usahakan beli tiket dari jauh hari, apalagi jika Anda dan keluarga ingin berlibur saat high season, yaitu pada musim anak sekolah liburan.

3. Lebih disiplin, lebih cepat liburan

Untuk menikmati liburan yang sedikit istimewa, tentu saja butuh biaya yang tidak sedikit. Bagaimana cara untuk mewujudkannya?

Tentu saja, Anda perlu menabung terlebih dahulu. Sisihkanlah beberapa persen dari tabungan Anda khusus untuk biaya berlibur. Kalau perlu, ajak juga anggota keluarga yang lain untuk ikut menabung, siapa tahu uang yang terkumpul akan lebih banyak.

Disiplinkan diri untuk tidak membeli barang-barang kepentingan pribadi terlebih dahulu untuk lebih cepat menikmati waktu santai bersama keluarga.

Baca Juga: Butuh KTA dengan Limit Besar, Ini yang Terbaik

4. Tidak harus ke puncak atau pantai melulu

Kebanyakan destinasi liburan yang paling dicari oleh keluarga adalah puncak gunung dan pantai.

Di puncak gunung dengan udara yang sejuk sangat cocok untuk beristirahat, di pantai yang terik sangat cocok untuk beraktivitas di muka pantai sambil bermain air. Namun, masih banyak lagi destinasi liburan lainnya yang juga sebenarnya tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Museum kota misalnya, sudah banyak museum modern saat ini yang tidak terkesan kuno dan angker lagi. Selain cukup murah untuk tiket masuknya, anak pun bisa mempelajari hal baru di museum tersebut.

Atau keluarga Anda bisa pula mengunjungi jalan kuno di perkotaan untuk sekedar berfoto dan mengabadikan momen bahagia. Kebun binatang pun bisa jadi alternatif untuk akhir pekan yang bahagia Bestprofit Futures Jakarta.

Baca Juga: Cari Kartu Kredit dengan Banyak Promo? Pakai Ini Saja

5. Sempatkan waktu untuk liburan

Hal terakhir yang paling penting ialah sempatkan waktu!

Anda dan keluarga hanya punya sedikit waktu sebelum anak-anak tumbuh dewasa, atau sebelum Anda terlalu tua dan badan sudah tidak sekuat saat masih bekerja.

Sempatkan sebanyak-banyaknya mengajak keluarga liburan, sehingga kebutuhan akan rasa bahagia selalu terpenuhi di tengah keluarga Anda.

Tetap bekerja dan sayangin diri sendiri

Pada dasarnya, pikiran kita akan terkuras karena pekerjaan sehari-hari. Karena itu, cobalah untuk liburan sekali waktu untuk melepaskan penat. Tidak perlu jauh-jauh, yang penting liburan itu berkualitas untuk diri Anda, sehingga ketika kembali bekerja, pikiran Anda sudah dalam keadaan rileks. Jadi, yuk liburan!

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit Pertama, Apa yang Mesti Diperhatikan?

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)