Istri Orang Terkaya India Ini Jadi Wanita Paling Berpengaruh

http://bisnis.news.viva.co.id

Reliance adalah perusahaan terbesar keempat di India.

VIVAnews – Nita Ambani, istri dari ketua Reliance Industries, Mukesh Ambani, yang merupakan orang terkaya di India, baru-baru ini bergabung dengan dewan perusahaan raksasa minyak dan gas itu.

Nita, yang pada November tahun lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-50 tahun, diangkat menjadi direktur wanita pertama di Reliance, setelah pemegang saham menyetujui pengangkatannya pada rapat umum pemegang saham tahunan perusahaan itu.

Dia menggantikan pamannya, Ramnikal Ambani, yang mengundurkan diri mengurusi perusahaan pada usia yang ke 90 tahun.

Pengangkatannya menjadi direktur merupakan solusi dari mandat yang dikenakan oleh Securities & Exchange Board India pada awal tahun ini yang meminta perusahaan yang telah melantai di bursa wajib memiliki direktur wanita.

Reliance adalah perusahaan terbesar keempat di India dengan kapitalisasi pasar mencapai US$31,2 miliar.

Dengan kedudukannya tersebut, Nita bisa menjadi wanita paling berpengaruh di India. Namun, sebenarnya, menurut pengakuan teman-taman dan keluarga, kiprah Nita di Reliance telah diakui selama bertahun-tahun, jauh sebelum dia diangkat menjadi direktur.

“Rencana pengangkatannya menjadi direktur sudah diperdebatkan selama satu dekade terakhir,” ujar salah satu dari mereka yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Perdebatan pengangkatan Nita telah ada sejak kematian pendiri Reliance, Dhirubhai Ambani, diikuti dengan pembagian kerajaan perusahaan keluarga itu antara suami Nita, Mukesh dan adiknya, Anil.

Di kalangan raksasa perusahaan minyak dan gas itu, Nita telah lama dianggap sebagai soft power di balik jabatan.

“Nita telah aktif terlibat dalam sisi yang lebih lembut dari Reliance. Dia selalu memiliki peranan positif,” ujar Harsh Goenka, Ketua RPG Group yang merupakan teman dekat dari pendiri Reliance.

Sebuah pernyataan pers dari Reliance menguraikan semua kegiatan yang telah dilakukan Nita.

Setelah menikah dengan suaminya, dan kiprahnya dibalik keberhasilan sang suami. Dalam sebuah wawancara dengan koran lokal, Mukesh mengaku berhutang 100 persen keberhasilannya kepada Nita. Menurutnya, Nitalah yang selalu mendukungnya. Sebaliknya, Nita pun menuturkan bahwa sang suami adalah teman, mentor, filsuf, dan segalanya.

Meskipun Nita sibuk membersarkan ketiga anaknya, dia tetap beraktivitas. Dia mendirikan sekolah di Mumbai. Nita juga memainkan perannya untuk kegiatan penghijauan pada lokasi mega kilang Reliance. Nita membuat perkebunan mangga dan menanam 100 ribu pohon.

Nita juga memimpin Reliance Foundation yang fokus pada kesehatan dan pendidikan. Saat ini Nita, suami dan ketiga putrinya tinggal di istana mewah 27 lantai di Mumbai Selatan. (asp)