http://www.kumpulanmisteri.com

Ternyata masih banyak orang yang malas atau bahkan tidak suka minum air putih, tapi tahukah Anda bahwa ada dampak buruk bagi tubuh apabila malas minum air putih? Pastinya malas minum air putih akan berdampak buruk yang dapat memicu berbagai macam penyakit. Kalau begini, masihkah Anda malas untuk minum air putih paling tidak 8 gelas setiap hari?

Inilah Akibat Apabila Malas Minum Air Putih Bagi Kesehatan Anda!
Mengapa air putih itu penting bagi tubuh kita? Tahukah Anda bahwa komponen terbesar dalam tubuh kita adalah air dan kandungan air pada tubuh disesuaikan sesuai dengan usia. Misalnya saja orang dewasa memiliki kandungan air sebesar 60 persen, usia lanjut 50 persen, sedangkan bayi adalah 80 persen. Selain itu, kebutuhan air tiap orang berbeda tergantung pada ukuran tubuhnya dan juga apa yang dianggap sesuai bagi tubuhnya. Lalu, inilah akibatnya jika kurang minum air putih:
1. Kulit menjadi kusam
Jika kurang minum air putih maka kulit akan tampak lebih kusam karena aliran darah di kapiler kulit tidak bisa maksimal. Selain itu, kulit tidak akan menunjukkan awet muda dan tak cerah bersinar.
2. Infeksi kandung kemih
Risiko terkena infeksi kandung kemih juga ada dan biasanya orang yang menderita akan menunjukkan tanda seperti terasa nyeri saat buang air kecil, terkadang ada darah di dalam urinenya, dan suhu tubuh yang sedikit meningkat. Selain itu, air putih akan membantu bakteri keluar dari tubuh sehingga mencegah infeksi tersebut.
3. Dehidrasi
Sudah jelas kalau kurang minum air terutama air putih, maka bisa terserang dehidrasi. Apalagi untuk Anda yang suka latihan, bekerja berat, atau aktivitas berat lainnya, malas minum akan membuat cairan dalam tubuh tidak tercukupi. Gejala dehidrasi yang bisa terjadi ditandai dengan tubuh serasa lemas dan mudah lesu, nafsu makan hilang, sakit kepala atau pusing, dan kulit mengalami kekeringan. Untuk orang tua, dehidrasi bisa rentan terjadi dan karenanya sangat disarankan untuk mereka lebih rajin mengkonsumsi air.
4. Mengganggu fungsi otak
Akibat kurang minum air putih dapat mengganggu fungsi otak, jika cairan dalam tubuh tercukupi malah hal tersebut membuat kerja otak lebih cepat, bisa mudah fokus serta konsentrasi, serta tidak mudah lupa atau tidak pikun. Sebaliknya jika malas minum air putih, maka cairan di otak akan menurun sehingga asupan oksigen yang seharusnya mengalir ke otak kita akan berkurang. Hal tersebut akan menyebabkan sel di otak menjadi tidak berkembang dan tidak aktif.
5. Terkena berbagai gangguan kesehatan
Tak diragukan lagi kalau malas minum air putih akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan diantaranya, tenggorokan serasa kering, urine menjadi pekat, suhu badan menjadi panas, denyut nadi menjadi cepat, gejala halusinasi, mengantuk, dan akhirnya yang paling bahaya adalah bisa menyebabkan kematian.
6. Membahayakan ginjal
Anda bisa beresiko terkena sakit ginjal kalau jarang minum air putih, dan sakit ginjal adalah penyakit mematikan. Air putih penting untuk mencegah batu ginjal serta memperlancar kerja ginjal. Fungsi dari air putih bagi ginjal salah satunya adalah membuat komponen pembentuk batu ginjal menjadi mudah larut dan luruh saat kita buang air kecil setiap hari.
Inilah akibat apabila malas minum air putih! Maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari atau setara dengan 1,5 sampai dengan 2 liter setiap harinya.