Ini Rute Transjakarta yang Berubah Saat KAA

http://metro.news.viva.co.id

Tiga koridor akan mengalami perubahan sejak 22-23 April 2015.

VIVA.co.id – Direktur Umum PT Transjakarta, Kosasih, mengatakan, berdasarkan konfirmasi terakhir dari Direktorat Lalu-Lintas (Ditlantas Polri) serta Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans), guna mendukung pelaksanaan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) dan New Asian-African Strategic Partnership (NAASP) 2015, maka layanan Transjakarta pada 22 dan 23 April 2015 berubah.

“Perubahan akan ada di Koridor 1 (Blok M-Kota), Koridor 2 (Pulo Gadung-Harmoni), dan Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit),” ujar Kosasih kepada VIVA.co.id, Rabu 22 April 2015.

Berikut penjelasan perubahan rute yang terjadi pada Transjakarta selama penutupan jalan:

Perubahan rute layanan di atas akan berlaku pada pukul 06:00-09:00, pukul 16:00-18:00, dan pukul 19:00-22:00.

Layanan Koridor 1 diperkirakan melambat secara signifikan, karena adanya buka/tutup jalur yang akan dilakukan secara situasional oleh Ditlantas dan Dishubtrans pada jam-jam tersebut.

Layanan Koridor 2 (Pulo Gadung-Harmoni) pukul 16:00-22:00. Dari Pulo Gadung-Harmoni layanan normal.

Dari Harmoni menuju Pulo Gadung dilakukan pengalihan dengan rute sebagai berikut dari Harmoni-(belok kiri)-Pecenongan-Juanda-Pasar Baru-Pejambon-Lapangan Banteng-Merdeka Timur-Patung Pak Tani-masuk halte Kwitang dan seterusnya menuju Pulo Gadung. Pengalihan bersifat situasional mengikuti kondisi lalu lintas.

Layanan BKTB hanya melayani dari PIK hingga Harmoni pada pukul 16.00-20.00 WIB.

Layanan di Koridor 6 (Ragunan-Dukuh Atas) diperkirakan melambat secara signifikan mengikuti kondisi lalu lintas dampak buka/tutup jalur situasional.

Rute Ragunan-Monas ditiadakan dan diubah menjadi Rute Ragunan-Dukuh Atas pada pukul 06.00-09.00 dan pukul 16.00-22.00.

Pukul 09.00-16.00 layanan normal, namun diperkirakan dampak pengalihan dan buka/tutup jalur akan masih terasa pada pukul 09.00-10.00 dan mulai terasa menjelang pukul 16.00.

Layanan koridor 9 mengalami pengalihan yaitu :

Dari Pinang Ranti menuju Pluit melalui (masuk) Gerbang Tol Cawang dan keluar di Gerbang Tol Slipi.

Halte yang tidak dilayani arah ke Grogol/Pluit dari yaitu halte Cikoko Stasiun Cawang, halte Tebet BPKM, halte Pancoran Tugu, halte Pancoran Barat, halte Tegal Parang, halte Kuningan Barat, halte Gatsu Jamsostek, halte Gatsu LIPI, halte Semanggi, halte Senayan JCC, dan halte Slipi Petamburan.

Dari Pluit menuju Pinang Ranti melalui Gerbang Tol Slipi dan keluar di Gerbang Tol Pancoran.

Halte yang tidak dilayani untuk arah Pinang Ranti/PGC yaitu halte Slipi Petamburan, halte Senayan JCC, halte Semanggi, halte Gatsu LIPI, Halte Gatsu Jamsostek, halte Kuningan Barat, halte Tegal Parang, dan halte Pancoran Barat.

Penumpang tidak dapat melakukan transit di halte Kuningan Barat maupun Kuningan Timur.

Rute PGC-Grogol melalui Gerbang Tol Cawang keluar di Gerbang Tol Slipi.

Terhadap layanan tersebut, Transjakarta akan melakukan tahapan perubahan operasional sebagai berikut:

(1) Layanan penjualan di halte akan mengalami buka tutup untuk mengurangi risiko penumpang yang tertahan di dalam bus, karena imbas buka/tutup jalur di tengah perjalanan;

(2) Diperkirakan terjadi perlambatan operasional secara signifikan pada waktu-waktu di atas;

(3) Secara situasional mungkin akan dilakukan perpendekan rute, pengalihan jalur hingga setop operasional pada waktu-waktu tertentu, mengikuti kondisi lajur layanan di masing-masing koridor.

Kosasih juga mengatakan, pihaknya akan selalu melakukan update melalui media massa dan para penumpang diimbau mengikuti perkembangan informasinya diĀ  twitter @PT_Transjakarta maupun laman facebook.

“Kami akan terus melakukan update kepada seluruh personel kami di lapangan agar seluruh penumpang dapat memperoleh informasi terkini terkait operasional Transjakarta,” ujarnya.