Ini Fokus Investor Asing Setelah Pengumuman Presiden Baru

Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari detik.com

best profit 172Hanya tersisa beberapa jam ke depan, nama Presiden baru Indonesia akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui proses rekapitulasi Pemilihan Presiden (Pilpres) yang digelar 9 Juli lalu.

 

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar menilai pengumuman KPU memang sudah ditunggu oleh para investor. Namun, lebih daripada itu adalah kebijakan apa yang bisa diambil dalam jabatannya.

 

Ia menjelaskan, ada tiga tahapan yang menjadi pandangan dari investor. Pertama adalah berjalannya proses pemilu atau pilpres. Tahapan ini yang tengah berlangsung pada hari ini.

 

“Pertama adalah apakah prosesnya berjalan baik. Tahap hari ini kan kita dalam kerangka itu,” ujarnya di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

 

Kedua adalah bagaimana proses pembentukan kabinet. Karena menurutnya lewat hal tersebut dapat diproyeksikan arah kebijakan yang berpengaruh besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

 

“Apakah kemudian hasil dari proses yang baik itu juga menghasilkan kepemimpinan dan katakanlah kabinet yang mampu mendorong terus pertumbuhan,” jelasnya.

 

Ketiga adalah kebijakan ini tersebut dapat berjalan atau tidak. Investor, kata Mahendra akan terus memantau setiap kebijakan yang dihasilkan.

 

“Ketiga adalah apakah hasilnya juga baik. Jadikan tidak bisa hasilnya semata-mata lalu terus selesai semua masalah ke depan,” sebut Mahendra.

 

Secara keseluruhan, Mahendra menambahkan kebutuhan investor adalah kepastian ekonomi yang stabil dalam jangka panjang. Terutama untuk investasi langsung atau direct investment.

 

“Kalau investasi langsung biasanya tidak lihat dari hari ke hari tapi lihat dari fundamental perekonomian kita yang tetap solid,” tukasnya.

(mkl/ang)