Ini Dia Profesi Paling Dicari di Indonesia

http://bca.tempo.co

Ini Dia Profesi Paling Dicari di Indonesia

BERITA BCA – Tiap tahun, ada lulusan baru yang berlomba-lomba masuk ke dunia profesional. Pencarian baik dilakukan secara online maupun mendatangi job fair. Ternyata, hal serupa juga dialami banyak perusahaan. Banyak perusahaan mengaku kesulitan mencari pekerja untuk profesi ini.

Pertama, aktuaria. Selain menjanjikan, profesi ini banyak dibutuhkan perusahaan asuransi. Aktuaris memiliki pekerjaan seperti ahli matematika. Mereka menghitung risiko, premi dan dividen di perusahaan asuransi. Di 2013 saja, Prudential Indonesia mengaku hanya memiliki 150 aktuaris dari total 600 aktuaris yang dibutuhkan.

Kedua, tenaga medis. Profesi sebagai dokter, perawat ataupun apoteker ternyata masih menjajikan, terlebih lagi di luar pulau Jawa. Memang lulusan kedokteran atau keperawatan banyak, namun di daerah terpencil masih mengalami kekurangan. Dokter umum dan spesialis juga menjadi profesi yang sangat dibutuhkan, mengingat penduduk Indonesia yang terus tumbuh.

Ketiga, aviasi. Industri penerbangan Tanah Air sangat membutuhkan pilot lokal. Kriteria ketat dan biaya sekolah yang mahal membuat tenaga pilot tidak banyak. Tak ayal banyak maskapai mempekerjakan pilot asing.

Keempat, ahli rekayasa peranti lunak. Kini, teknologi berkembang sangat cepat. Kebutuhan ahli rekayasa peranti lunak pun sangat besar. Selain cerdas, profesi ini juga menuntut ketekunan dan kreatifitas. Karena kurangnya tenaga ahli ini di Indonesia, membuat industri memilih tenaga asing untuk mengisinya.

Terakhir, pemasaran. Bidang ini tentu dibutuhkan banyak perusahaan di berbagai industri. Profesi ini memiliki tugas untuk menaikkan angka penjualan perusahaan dan menjadi ujung tombak perusahaan.

Sumber naskah dan foto :www.Smart-Money.co