http://bisnis.news.viva.co.id

Jadi entrepreneur akan terasa sangat menyenangkan.

Bestprofit Futures Jakarta

VIVA.co.id – Menurut banyak orang, menjadi pemilik usaha sendiri  atau entrepreneur akan terasa sangat menyenangkan.

Bagaimana tidak, selain kita bisa leluasa bergerak, kita bisa memiliki peluang atau kesempatan untuk bisa mendapatkan keuntungan dan pendapatan yang lebih besar dari saat kita menjadi pekerja.

Namun, di tengah arus perekonomian yang sangat pelik seperti ini, akan ada banyak tantangan yang harus dipikul sebagai seorang pengusaha. Terkadang harus jatuh bangun dan tak sedikit pula yang gulung tikar dan kembali menjadi seorang pegawai. Memang tidak semua orang sukses harus memiliki bakat sejak lahir.

Dengan segala upaya dan perjuangan, Anda bisa membuat diri sendiri memiliki bakat dan keahlian untuk bisa menjadi pengusaha sukses. Lalu, apa saja kriteria yang bisa digunakan untuk menjadi seorang pengusaha sukses? Berikut ulasannya.
1. Selalu Bersemangat
Tanda pertama dari seorang pengusaha sukses adalah adanya rasa dan keinginan yang selalu bersemangat. Seorang pengusaha sukses memang harus memiliki gairah dan semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-harinya.
Tanpa adanya semangat dan gairah, maka sangat sulit baginya untuk bisa membuat usahanya bergerak maju. Hal ini dikarenakan sebagai pebisnis atau pemimpin usaha akan dilihat dan dijadikan acuan bagi para karyawan.
 
2. Memiliki Banyak Ide
Seorang pengusaha atau pebisnis memang akan dihadapkan dengan segala tantangan dan permasalahan saat menjalankan bisnisnya. Meskipun mendapatkan banyak tekanan, pengusaha sukses tidak akan merasa takut dan gentar, karena memiliki banyak jurus atau ide dan pemikiran untuk mengatasinya.
Dengan adanya ide dan pemikiran ini, maka akan ada banyak peluang bagi pengusaha sukses ini untuk mengatasi segala permasalahan dan tantangan yang datang tersebut.
3. Tidak Takut Bekerja Keras
Untuk menjadi sukses memang membutuhkan usaha dan kerja keras yang tinggi. Hal ini berlaku pada bidang apapun, termasuk untuk seorang pebisnis atau pengusaha.
Semakin tinggi tingkat usaha dan kerja keras seorang pengusaha, maka akan semakin besar pula kesempatannya meraih kesuksesan. Dan sebaliknya, bila ia tidak suka bekerja keras, maka ia akan semakin jauh dari kesempatan meraih sukses.
4. Tidak Suka Menyerah
Dengan banyaknya tantangan yang harus dihadapi saat menjadi pengusaha, maka sikap mental tidak menyerah adalah hal yang mutlak dibutuhkan untuk menjadi pengusaha sukses.
Tanpa adanya sikap mental yang seperti ini sulit sekali bagi seorang pengusaha untuk melangkahkan usahanya menuju kesuksesan. Maka dari itu untuk Anda yang sedang menjalankan usaha atau menjadi pengusaha, maka cobalah untuk terus memupuk sikap dan mental pantang menyerah terhadap segala tantangan yang ada ini.
5. Bersedia Belajar dari Siapapun
Seorang pengusaha sukses ialah orang yang tidak sombong. Ia adalah orang yang suka mendengarkan pendapat dan pembelajaran dari siapapun dan dari manapun. Selain itu mereka tidak akan mengabaikan saran dan masukan dari siapapun.
Mengapa demikian? Karena ia mengerti dengan terus belajar dari siapapun dan manapun, ia bisa saja mendapatkan ide bisnis yang luar biasa atau juga mendapatkan peluang yang bagus.
6. Tak Pernah Membuang Waktu
Bagi pebisnis sukses, waktu adalah sesuatu atau aset yang sangat berharga. Dengan waktu, ia bisa melakukan apa saja untuk membuat bisnisnya tumbuh dan berkembang.
Maka dari itu pengusaha sukses selalu memanfaatkan waktunya dengan hal-hal yang positif. Mereka sangat jarang membuang-buang waktu untuk keperluan yang tidak berguna.
Dia selalu berusaha menyelesaikan berbagai hal dengan waktu yang tersedia. Lagipula, pengusaha sukses paham menunda pekerjaan hanya akan memperlambat bisnisnya.
7. Tak Malu Meminta Bantuan
Sebagai seorang manusia, pengusaha sukses juga sangat memahami bahwa dia tak bisa hidup tanpa orang lain. Maka di saat ia mendapatkan kesulitan, para pengusaha sukses ini tidak akan malu untuk meminta bantuan atau pertolongan kepada siapapun, termasuk kepada bawahannya.
8. Senang pada Bisnis yang Dilakoni
Umumnya pengusaha yang sukses adalah orang-orang yang sangat menyukai bidang bisnis dan usahanya. Mereka menjalankan bisnisnya ini berdasarkan passion atau minat yang berasal dalam dari dalam dirinya.
Dengan adanya kesenangan dari dalam dirinya sendiri, maka obor dan api semangat pun akan selalu terpelihara dan terjaga untuk terus mengembangkan bisnisnya menuju kesuksesan.
9. Senang Berimajinasi
Ini bukanlah hal yang membuang-buang waktu. Waktu berimajinasi bagi seorang pengusaha sukses digunakan untuk mencari ide dan gagasan penting untuk rencana bisnis atau usahanya ke depan.
Mereka mungkin saja tampak menyendiri dan seperti membuang-buang waktu. Tapi, percayalah yang mereka lakukan adalah mencari sesuatu yang bisa dilakukannya untuk menjadikan bisnisnya menjadi lebih baik dan maju. Bukankah penemuan-penemuan besar juga berasal dari sebuah ide yang diperoleh dari sebuah perenungan dan imajinasi?
Teruslah belajar, lalu dapatkan kesuksesan Anda!
Itulah beberapa tanda dan ciri bahwa seseorang bisa menjadi pengusaha sukses. Sekali lagi bakat bukanlah sesuatu yang harus dibawa sejak lahir. Jika Anda berkeinginan untuk menjadi pengusaha yang sukses, Anda bisa belajar mengasah ciri-ciri tersebut untuk bisa membawa pada kesuksesan menjadi seorang pengusaha. Dan jangan lupa, belajarlah dari pengalaman.