Indonesia Naik ke Rangking 114 di Doing Business World Bank

http://economy.okezone.com

JAKARTA – World Bank baru saja merilis ranking negara-negara yang ramah terhadap para investor. Salah satu hasil yang mencengangkan adalah Singapura berhasil menduduki jawara pertama dalam daftar ini. Lantas, di mana posisi Indonesia?

Dari laporan World Bank yang bertajuk “Doing Business 2015”, Rabu (28/1/2015), ada beberapa poin yang menjadi indikator penilaian yang dikeluarkan oleh World Bank. Poin tersebut, di antaranya kemudahan perizinan konstruksi, ketersediaan energi listrik, dan kemudahan dalam kepemilikan properti. Selain itu juga ada kemudahan dalam pembangunan usaha, perlindungan terhadap pemegang saham, dan tarif pajak yang wajar. Dalam penilaiannya, World Bank mengacu pada sebuah istilah yang disebut dengan skor DTF.

Dalam daftar yang dirilis World Bank tersebut, Indonesia berada di ranking 114 dengan skor DTF 59,15. Dengan posisi ini, Indonesia patut bangga karena pada tahun 2013 lalu Indonesia harus cukup puas berada di ranking 120. Artinya, tahun ini Indonesia berhasil naik enam peringkat dibandingkan tahun lalu.

Posisi Indonesia itu juga berada di bawah negara-negara yang selama ini kurang terkenal sebagai tujuan investasi, seperti halnya Papua Nugini, Trinidad Tobago, dan negara-negara yang perekonomiannya jauh di bawah Indonesia.

Hal ini menandakan, betapa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan agar ke depan Indonesia bisa lebih ramah bagi investor. Di dalamnya termasuk persoalan infrastruktur, kelistrikan, kepastian harga BBM dan upah buruh yang belakangan makin runyam