Bestprofit Futures Jakarta, -Sejak pagi hari pukul 06.00 WIB warga di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan mulai memadati Toko Tani Indonesia (TTI) di depan SMA Negeri 28, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. TTI yang setiap harinya dibuka pukul 08.00 WIB ini sudah dipadati warga sejak pagi.

Antrean warga kian mengular, menjelang dibukanya beberapa kios di TTI. Berbagai bahan pokok dijual dengan harga murah di lokasi ini. Tujuannya untuk menyediakan pangan murah ke masyarakat, khususnya jelang Lebaran.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, yang meninjau lokasi ini pun tersenyum heran melihat antusiasme warga di halaman TTI Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Amran tiba di lokasi pada pukul 06.30 WIB setelah mengunjungi Pasar Jatinegara, Jakarta Timur pada pukul 05.50 WIB.

“Coba ini lihat responsnya masih subuh-subuh sudah menunggu,” kata Amran di TTI Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2016).

Kedatangannya ke TTI Pasar Minggu untuk mengecek secara langsung terkait laporan ramainya warga yang membeli bahan pokok di lokasi yang terletak di seberang SMA Negeri 28 Jakarta.

“Aku mau lihat apa benar subuh-subuh sudah antre, eh benar. Terbukti kan masyarakat subuh sudah datang,” lanjut Amran.

Pembukaan Toko Tani Indonesia (TTI) sudah dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah adanya 126 TTI di Provinsi Jawa Timur yang pertumbuhannya semakin pesat.

“Jawa Timur 126 dibuka langsung, artinya konsumen menghendaki petani juga menghendaki,” kata Amran.

Adapun beberapa bahan pangan pokok yang dijual di TTI Pasar Minggu, antara lain:

  • Daging Sapi Rp 75.000 per kilogram (kg)
  • Gula Pasir Rp 12.000 per kilogram (kg)
  • Beras Rp 7.500 per kilogram (kg)
  • Daging Ayam Rp 30.000 per ekor
  • Bawang Pitih Rp 22.000 per kilogram (kg)
  • Bawang Merah Rp 23.000 per kilogram (kg)
  • Telur Ayam Negeri Rp 19.000 per kilogram (kg)

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)