Telur ceplok atau telur mata sapi sangat mudah dibuat. Cukup 4 menit. Namun, gara-gara kesalahan kecil, telur jadi gosong atau kuningnya masih mentah. Ikuti 4 tips praktis ini agar telur ceplok matang dan cantik versi Bestprofit Futures Jakarta  :

1. Pilih wajan yang tepat

Tidak perlu menggunakan wajan baru atau wajan khusus untuk menggoreng telur, pilih wajan anti lengket. Selain gizi telur tetap terjaga wajan anti lengker juga mempermudah telur untuk diangkat atau dibalik. Ukuran wajan yang digunakan juga sesuai dengan jumlah telur yang ingin digoreng. Untuk satu butir telur menggunakan wajan dengan diameter 20 cm, untuk lebih dari 2 telur gunakan wajan dengan diameter 24 cm.

2. Gunakan api sedang

Api yang tepat untuk menggoreng telur dengan matang sempurna yaitu api sedang. Jika api terlalu besar dapat membuat telur cepat gosong, sementara bagian tengah telur belum matang. Jika api terlalu kecil maka proses penggorengan akan lama.

3. Matang merata

Menggoreng telur memang mudah, namun hasil telur yang digoreng mungkin tidak selalu sesuai dengan yang diinginkan. Yang sering terjadi pinggiran putih telur sudah mulai mengering dan berwana kecokelatan, sementara bagian tengah telur atau bagian kuningnya biasanya belum matang. Untuk mengantisipasinya tutup telur yang digoreng menggunakan penutup, tutup panci misalnya. Hal ini agar panas yang dihasilkan wajan terperangkap dalam tutup panci, sehingga membuat bagian telur lebih cepat matang. Atau jika memungkinkan untuk membalik bagian atas telur kebawah, memang sedikit sulit karena kuning telur bisa pecah. Oleh karena itu gunakan wajan anti lengket untuk mempermudah proses membalik.

4. Waktu menggoreng

Untuk membuat putih telur matang membutuhkan waktu 1 hingga 2 menit, sementara untuk membuat kuning telur matang membutuhkan 3 hingga 4 menit. Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk menggoreng telur ceplok yaitu sekitar 4 menit.

itulah 4 Tips Praktis Ini Agar Telur Mata Sapi Matang Sempurna Bestprofit Futures Jakarta.