Bestprofit Futures Jakarta

Beberapa negara Eropa dan Australia sudah mengumumkan harga sepeda motor BMW Motorrad paling murah, G310R. Menariknya, semua negara mematok banderol kompetitif dengan model pesaing.

MIsalnya di Inggris, harga G310R seperti tertera dalam situs resmi BMW Motorrad, 4.290 poundsterling atau sekitar Rp 75 juta. Label segitu lebih murah Rp 4,5 juta dari KTM 390 Duke, Rp 3,6 juta dari Yamaha MT-03, dan Rp 1 juta dibanding Kawasaki Z300, menurut Visordown.

Di Swiss, G310R ditawarkan lebih murah dari Inggris, yaitu 5.350 francs (Rp 71,2 juta), bahkan Jerman mematok makin ekonomis, yakni 4.750 euro (Rp 68,7 juta). Terakhir, Australia ikutan mengumumkan harga, kalau yang satu ini lebih fenomenal karena tertera 5.790 dollar Australia atau Rp 57,1 juta.

Masing-masing negara itu memang punya aturan sendiri soal impor kendaraan, jadi nilai kendaraan tidak bisa langsung dibandingkan. Namun yang pasti semua negara mendapat suplai unit dari India, sebab G310R diproduksi di pabrik TVS.

Lantas bagaimana di Indonesia? Maxindo Moto Nusantara sebagai distributor dan importir resmi BMW Motorrad di dalam negeri sudah mengatakan bakal meluncurkan G310R. Pembangunan diler baru di Jakarta Selatan sebagai pusat operasi juga pernah dijelaskan sebagai bentuk persiapan.

“G310R masih misteri harganya,” kata Joe Frans, CEO Maxindo, Rabu (13/7/2016).

Joe mengatakan saat ini belum menerima harga modal dari prinsipal, jadi harga jual belum bisa dirilis. Lagipula, negara-negara di Asia Pasific harus menunggu lebih lama sebab kawasan Eropa mendapat jatah penjualan lebih dulu sedangkan Australia pengecualian.

“Kami masih melihat perencanaan BMW Motorrad global sendiri. Kami mengikuti jalur mereka,” ucap Joe.

G310R merupakan model entry level BMW Motorrad yang bakal membuka segmen baru. Joe mengonfirmasi model termurah itu bakal diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show bulan depan. Namun, peluncurannya dilakukan tahun depan.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)