Harga Minyak Naik Dipicu Aksi Beli Pelaku Pasar

Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari liputan6.com

Harga minyak menguat pada perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) didorong aksi beli setelah harga minyak melemah signifikan pada pekan lalu.

 

Mengutip Xinhua, Selasa (7/10/2014), harga minyak jenis light sweet naik 60 sen menjadi US$ 90,34 per barel di New York Mercantile Exchane. Sementara itu, harga minyak Brent untuk pengiriman November menguat 48 sen menjadi US$ 92,79 per barel.

 

Harga minyak mendapatkan dukungan dari dolar melemah terhadap mata uang asing lainnya setelah pekan lalu reli. Pelaku pasar pun memilih memegang mata uang lainnya.

 

Sentimen lain yang mendorong harga minyak yaitu kenaikan produksi minyak Amerika Serikat ke level tertinggi sejak Maret 1986.

Hal ini diikuti negara penghasil minyak tergabung di Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) juga mempengaruhi harga minyak. Survei menunjukkan produksi minyak OPEC naik ke level tertinggi sejak Agustus 2013.

 

Sementara itu, Arab Saudi memotong harga acuan untuk konsumen Asia. Analis menilai, ini adalah persaingan pangsa pasar yang menunjukkan produksi dan harga minyak tidak rendah di masa mendatang. (Ahm/)