http://vibiznews.com

Harga emas spot LLG dan emas berjangka Comex berakhir dengan membukukan penurunan yang signifikan pada penutupan perdagangan Selasa dini hari tadi (14/7). Harga logam mulia melanjutkan penurunan sementara dollar AS bergerak menguat. Ekspektasi bahwa Fed akan mulai menaikkan suku bunga acuan tahun ini telah memberikan dorongan melemah di pasar emas.

Chairman Fed Janet Yellen akan memberikan sinyal yang lebih jelas mengenai jangka waktu mulai dinaikkannya suku bunga acuan. Pasar global mengarahkan fokusnya kembali kepada permasalahan suku bunga acuan di Amerika Serikat dari Yunani.

Negara di Eropa yang terbelit utang tersebut dikabarkan telah berhasil mengamankan bantuan pendanaan lanjutan sebesar 86 miliar euro setelah mengalami perundingan yang sulit. Negara ini harus melakukan reformasi yang pelik demi mencapai kesepakatan.

Permintaan fisik emas minggu ini juga masih terbatas. Para investor yang prospektif di Tiongkok lebih memilih untuk mengejar saham-saham murah di bursa saham negara tersebut yang sudah anjlok tajam sejak awal bulan.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu ditutup pada posisi 1.155,26 dollar per troy ons. Harga logam mulia mengalami penurunan yang cukup signifikan yaitu sebesar 0,2 persen. Harga emas sempat mengalami penurunan sebesar 1,1 persen.

Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus tampak mengalami pergerakan yang flat. Harga ditutup pada posisi 1.154,60 dollar per troy ons.

Pada perdagangan pagi ini harga emas spot LLG terpantau mengalami pergerakan yang masih cenderung terus melemah. Harga saat ini berada pada posisi 1.154,85 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan bergerak melemah di sesi Asia. Harga emas akan mencari arahan dari pergerakan nilai tukar dollar pada hari ini. Jika dollar melanjutkan kenaikan harga emas akan cenderung mengalami penurunan.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.160  dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan pelemahan lagi ke posisi 1.165 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.150 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan ke posisi 1.145 dollar.