Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari antaranews.com

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir jatuh ke tingkat terendah dalam tujuh setengah bulan pada Kamis (Jumat pagi WIB), karena ketegangan geopolitik di Ukraina mereda.

 

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember, turun tajam 6,3 dolar AS, atau 0,51 persen, menjadi menetap di 1.239 dolar AS per ounce.

 

Untuk keempat hari berturut-turut emas ditutup turun pada Kamis ke tingkat terendah sejak 23 Januari, karena para pedagang memperkirakan Federal Reserve AS akan menjadi lebih “hawkish” tentang suku bunga setelah pertemuannya pada Selasa dan Rabu pekan depan.

 

Para pengamat mengatakan bahwa data “bullish” di AS bisa menempatkan lebih banyak tekanan pada logam mulia dalam jangka pendek.

 

Setelah emas turun di bawah tingkat 1.240 dolar AS, yang merupakan “level support” utama, emas akan terus turun menjadi 1.200 dolar AS untuk mencari dukungan berikutnya.

 

Emas juga di bawah tekanan dari penguatan dolar AS karena beberapa analis memproyeksikan bahwa dolar akan terus meningkat memasuki 2015.

 

Perak untuk pengiriman Desember kehilangan 32,7 sen, atau 1,73 persen, menjadi ditutup pada 18,599 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober kehilangan 10,3 dolar AS, atau 0,75 persen, menjadi ditutup pada 1.370,7 dolar AS per ounce. (bd)