Bestprofit Futures Jakarta

Jakarta – Sebuah gedung 17 lantai yang belum selesai dibangun mendadak roboh sekitar pukul 14.00, Kamis (2/6) siang, di kawasan Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan.

Menurut Kapolres Jakarta Selatan AKBP Ayi Supardan, gedung tersebut dibangun sekitar tahun 1996 tapi mangkrak. Gedung itu roboh mulai dari bagian paling atas dan kemudian menimpa di bawahnya.

Gedung 17 lantai yang berada di kawasan Bintaro sektor VII, Tangerang Selatan, mendadak roboh, Kamis (2/6/2016) sekira pukul 14.00 WIB.

“Betul ada peristiwa itu sekira pukul 14.00 WIB tadi,” ujar Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ayi Supardan saat dihubungi , Kamis (2/6/2016).

Menurut Ayi, gedung tersebut tidak roboh seluruhnya, tetapi hanya sisi pinggirnya saja, yakni di sisi barat dan selatan. Gedung tersebut, kata Ayi, merupakan gedung lama yang belum jadi pembangunannya sejak 1995.

Beruntung tak ada korban jiwa atau luka akibat kejadian yang terletak di Bintaro Sektor VII, Tangerang Selatan, tepatnya di depan Bank Permata.

“Korban jiwa alhamdulillah enggak ada,” ujar Ayi.

Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ayi Supardan menjelaskan awal mula gedung tua berlantai 17 di Bintaro Sektor 7, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, roboh, pada Kamis (2/6/2016) sekitar jam 14.00 WIB.

“Menurut keterangan saksi, bagian barat dan selatan roboh, diakibatkan, dugaan awal karena ada pengerjaan manual di bagian atas dan lepas,” kata Ayi.

Saat gedung roboh, kata Ayi, 15 pekerja di gedung tersebut kebetulan sedang istirahat. Ayi mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian.

“Tadi sudah dikumpulkan, pekerja ada 15 orang, alhamdulillah tidak ada korban, semua lengkap, baik tenaga sekuriti maupun pekerja gedung,” katanya.

Gedung tersebut tidak roboh seluruhnya. Sebagian bangunan, sekarang masih tetap berdiri.

Untuk mengantisipasi terjadinya roboh susulan, sekarang area sekitar sudah diberi garis polisi dan jalur menuju pasar modern ditutup dari lalu lintas umum.

Sore ini, polisi mengalihkan semua jalur kendaraan menuju ke TKP.

Ayi menjelaskan gedung tersebut sebenarnya selama ini belum pernah dipakai karena merupakan proyek mangkrak. Gedung ini milik Panin Group, katanya.

“Gedung ini kan cuma struktur. Dibangun sekitar tahun 1995-1996. Mangkrak karena secara teknis tidak bisa dilanjutkan pembangunannya. Kami sudah koordinasi dengan PU mengenai bagaimana eksekusi gedung ini agar tidak membahayakan,” kata dia

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)