EUR/USD Terpukul Lajunya Indeks Saham Jerman Dan Imbal Hasil Obligasi AS

http://www.seputarforex.com

Euro melorot pada sesi Eropa (15/12) hari ini meskipun nihil laporan ekonomi dari Zona Euro. Penyebabnya adalah pemulihan yang terjadi pada imbal hasil obligasi pemerintah AS dan pasar ekuitas Eropa. EUR/USD diperdagangkan pada 0.26 persen lebih rendah di level 1.2429, dibandingkan dengan perolehannya pada sesi sebelumnya di 1.2462.

Mata uang Euro dan indeks ekuitas mayor di Zona Euro terpantau bergerak berlawanan semenjak akhir pekan lalu. Indeks ekuitas Jerman merosot, sementara EUR/USD mencetak perolehan mingguan. Namun, Dax mencatat keuntungan setinggi 0.66 persen hari, sehingga mata uang single currency pun terpaksa menurun.

Di sisi lain, imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat 10-tahunan mendapat pemulihan sebanya 5 basis poin dari level rendahnya, dan diperdagangkan naik 2.12 persen saat berita ditulis. Pemulihan imbal hasil AS ini juga berpengaruh terhadap lemahnya EUR/USD sore ini. Selain itu, perbedaan kebijakan moneter yang kian meruncing antara Bank Sentral Eropa (ECB) dengan The Fed akan semakin menguatkan Dolar AS dan melemahkan Euro. Pekan ini The Fed dijadwalkan akan menggelar FOMC, dengan ekspektasi, pelaksanaan kenaikan suku bunga AS.