Emas Sedikit Merosot, Relinya Terancam Penyusutan Permintaan

http://www.seputarforex.com

Emas sedikit merosot di tengah spekulasi bahwa reli dua hari ke level tertinggi dalam waktu lebih dari enam minggu, akan melukai permintaan atas logam mulia tersebut.

Harga bulion untuk pengiriman segera jatuh sebanyak 0.3 persen ke posisi $1,227.08 per ons dan diperdagangkan pada $1,227.69 pada pukul 9:52 pagi waktu Singapura. Pada sesi sebelumnya, harga emas sempat mendapat perolehan 0.3 persen, menurut data harga Bloomberg. Sedangkan di Comex New York, emas berjangka untuk pengiriman Februari diperdagangkan pada $1,229.50, atau menurun 0.20 persen.

Terdorong Rusuh Yunani

Emas banyak diburu malam tadi akibat lemahnya Dolar AS serta kekhawatiran akan ketidakpastian politik Yunani. Emas pun melaju ke $1,238.32, harga tertinggi sejak tanggal 23 Oktober. Ekuitas global pun tumbang akibat kemungkinan lambannya pertumbuhan ekonomi Tiongkok, ditambah dengan masalah Yunani.

James Steel, analis dari HSBC Amerika Serikat yang diwawancarai oleh Bloomberg mengatakan bahwa emas kemungkinan masih akan mendapat perolehan tambahan dalam jangka pendek atas fungsinya sebagai aset safe haven. Akan tetapi, perlu diwasapadai bahwa kenaikan emas lebih jauh akan mulai menyurutkan permintaan emas di Asia yang tergolong sensitif pada harga sehingga dapat mengancam pemicu reli yang terjadi saat ini.