PT Bestprofit Futures Bestprofit Futures Jakarta bprofitfutures.com – Di depan pintu utama Balai Lelang Christie di Gedung Rockfeller New York, seniman patung Jeff Koons memajang salah satu karyanya ‘Ballon Dog’. Sebuah patung anjing pudel raksasa mengkilat berwarna oranye tua yang mengingatkan balon kelinci saat acara ulang tahun.

Bentuknya yang super jumbo — dengan tinggi 3,5 meter — mampu mencari dan mencuri perhatian. Menurut balai lelang Christie patung tersebut terjual US 58 juta atau Rp 754 miliar!

Bagi yang pertama kali melihat karya Ballon Dog tentu akan terhenyak dengan ukurannya yang super jumbo. Ia mampu menghadirkan sesuatu yang kecil dan remeh-temeh menjadi sesuatu yang besar dan patut diperhatikan. Trik visual tersebut yang dikenal sebagai super exposed.

Akan tetapi dengan super exposed saja tidak cukup. Perlu ada trik tambahan yakni dengan metode komparasi atau perbandingan. Ballon Dog ditempatkan di publik area dengan orang-orang yang seliweran sehingga patung tersebut terbukti benar-benar raksasa.

Bayangkan jika Ballon Dog itu dipotret tanpa pembanding (misalkan untuk foto katalog) tentu efek visualnya akan berbeda. Bagi fotografer, merekam dampak visual dari subjek yang superlative tersebut menjadi seni tersendiri. Tidak sekadar merekam dua subjek yang berbeda namun mampu mengajak imajinasi bergerak ke mana-mana.

Tidak hanya memperlihatkan skala atau ukuran superlative namun mampu menegaskan bahwa subjek utama memiliki pengaruh yang luas.

Seperti pada foto patung perunggu ‘Going Home’ setinggi 12 meter yang dijepret di Terminal 3 Bandara Changi Singapura. Jika tampak muka dengan orang melintas di sampingnya tentu sudah cukup berbicara tentang skala: betapa tinggi dan besarnya patung karya Han Mei Ling tersebut.

PT Bestprofit Futures Bestprofit Futures Jakarta