Bestprofit Futures Jakarta

http://bisnis.news.viva.co.id

PT. BESTPROFIT FUTURES

Mendag Lembong mengimbau Indonesia harus ubah pola pikir.

VIVA.co.id –¬†Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong, menyatakan, kondisi perekonomian global tengah mengalami dua peristiwa bersejarah. Indonesia dianggap perlu mengubah pola pikir dalam menyikapi perkembangan tersebut.

Menurut Lembong, kedua peristiwa tersebut mulai dari pakta perdagangan bebas antarnegara Asia Pasifik atau Trans Pacific Partnership (TPP), sampai dengan mata uang renminbi yang segera dinyatakan sebagai salah satu mata uang dunia pada 30 November 2015.
“Kita sedang mengalami, atau di ambang dua peristiwa bersejarah. Pertama, TPP yang mengubah secara total peta perdagangan dunia dan peta geopolitis. Kedua, mata uang Tiongkok yang akan dinyatakan sebagai mata uang dunia kelima,” ujar Thomas di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu 25 November 2015.
Thomas mengatakan, kedua peristiwa itu, perlu mendapatkan tanggapan serius dari sejumlah negara berkembang, baik di wilayah Asia maupun Eropa. Sebab, hal ini akan menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi pertumbuhan perekonomian ke depan.
“Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20, Asian Pacific Economic Cooperation (APEC), mengimbau untuk benar-benar menanggapi secara serius. Supaya bisa bisnis seperti biasanya,” kata dia.
Politik adalah kegiatan dalam suatu sistem pembangunan negara melalui pembagian-pembagian kekuasan atau pendapatan untuk mencapai tujuan yang telah di sepakati dan melaksanakan tujuan tersebut. Kancah dunia politik di Indonesia sangat berpengaruh besar terhadap kemajuan ekonomi bangsa ini. Seperti kita ketahui dengan adanya campur tangan antara dunia politik di pemerintahan akan menghasilkan suatu perjanjian atau kerjasama dengan Dunia Internasional.
Dalam berbisnis sangatlah penting mempertimbangkan risiko politik dan pengaruhnya terhadap organisasi. Hal ini patut dipertimbangkan karena perubahan dalam suatu tindakan maupun kebijakan politik di suatu negara dapat menimbulkan dampak besar pada sektor keuangan dan perekonomian negara tersebut. Risiko politik umumnya berkaitan erat dengan pemerintahan serta situasi politik dan keamanan di suatu negara.
Setiap tindakan dalam organisasi bisnis adalah politik, kecuali organisasi charity atau sosial. Faktor-faktor tersebut menentukan kelancaran berlangsungnya suatu bisnis. Oleh karena itu, jika situasi politik mendukung, maka bisnis secara umum akan berjalan dengan lancar. Dari segi pasar saham, situasi politik yang kondusif akan membuat harga saham naik. Sebaliknya, jika situasi politik tidak menentu, maka akan menimbulkan unsur ketidakpastian dalam bisnis.
Dalam konteks ini, kinerja sistem ekonomi-politik sudah berinteraksi satu sama lain, yang menyebabkan setiap peristiwa ekonomi-politik tidak lagi dibatasi oleh batas-batas tertentu Sebagai contoh, IMF, atau Bank Dunia, atau bahkan para investor asing mempertimbangkan peristiwa politik nasional dan lebih merefleksikan kompromi-kompromi antara kekuatan politik nasional dan kekuatan-kekuatan internasional.
Tiap pembentukan pola bisnis juga senantiasa berkait erat dengan politik. Budaya politik merupakan serangkaian keyakinan atau sikap yang memberikan pengaruh terhadap kebijakan dan administrasi publik di suatu negara, termasuk di dalamnya pola yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi atau perilaku bisnis.
Terdapat politik yang dirancang untuk menjauhkan campur tangan pemerintah dalam bidang perekonomian/bisnis. Sistemnya disebut sistem liberal dan politiknya demokratis. Ada politik yang bersifat intervensionis secara penuh dengan dukungan pemerintahan yang bersih. Ada pula politik yang cenderung mengarahkan agar pemerintah terlibat atau ikut campur tangan dalam bidang ekonomi bisnis.
Menurut Thomas, semua negara, termasuk Indonesia harus bisa memanfaatkan momentum perubahan seperti ini. Persiapan yang matang, merupakan salah satu hal penting untuk menghadapi kedua peristiwa tersebut.
“Ini dua peristiwa yang sangat dahsyat, dan kita harus mengubah pola pikir. Memanfaatkan momentum dari perkembangan bersejarah seperti ini,” tuturnya.

PT. BESTPROFIT FUTURES

 

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)