Dow Jones Menguat Lebih dari 500 Poin, Tertinggi Sejak Juli 2020

PT Bestprofit Futures – Jakarta – Bursa saham AS (Wall Street) naik tajam pada perdagangan Rabu setelah Presiden Donald Trump men-tweet dukungan untuk bantuan kepada maskapai penerbangan dan langkah-langkah stimulus lainnya. Hal ini memicu harapan bahwa paket bantuan yang lebih kecil dapat disahkan oleh anggota parlemen.

Dikutip dari CNBC, Kamis (8//10/2020), Dow Jones Industrial Average ditutup naik 530,70 poin atau 1,9 persen ke level pada 28.303,46. Ini merupakan kenaikan satu hari terbesar bagi Dow sejak pertengahan Juli.

Sementara itu, indeks saham S&P 500 naik 1,7 persen menjadi 3.419,45, sedangkan Nasdaq Composite naik 1,9 persen menjadi 11.364,60.

Dalam serangkaian tweet-nya pada Selasa malam, Trump mendesak Kongres untuk menyetujui dukungan penggajian maskapai. Dia mengatakan bahwa uang dan bantuan untuk usaha kecil dapat dibayar dengan dana yang tidak terpakai dari stimulus sebelumnya. Trump juga mendorong putaran lain pemeriksaan stimulus USD 1.200 untuk orang Amerika.

“Ini jelas bukan pertama kalinya kami melihat pasar bereaksi terhadap tweet Trump, dan mungkin ini bukan yang terakhir,” kata Chris Larkin, Direktur Pelaksana Produk Perdagangan dan Investasi di E-Trade.

PT Bestprofit Futures – “Jungkat-jungkit yang telah kita lihat sejak penurunan kemarin hanyalah kasus dan titik untuk volatilitas yang mungkin kita hadapi saat mendekati pemilihan,” lanjut dia.

“Meski begitu, dengan seruan Presiden Trump untuk bantuan kepada maskapai penerbangan, area pasar yang jelas terpukul paling parah, pedagang mungkin mengincar peluang bullish di saham siklus yang bergantung pada pemulihan ekonomi yang lebih cepat, jika mereka bisa menahan rollercoaster,” tambah Larkin.

Saham United Airlines naik lebih dari 4 persen. Saham Delta naik naik 3,5 persen. Saham maskapai penerbangan juga mendapat dorongan setelah analis JPMorgan meningkatkan beberapa perusahaan di industri.

Saham Boeing naik 3,2 persen. Operator kapal pesiar atau kelompok lain yang akan mendapat keuntungan dari pembukaan kembali ekonomi juga naik secara luas. Saham Karnaval melonjak 5,3 persen, Norwegian Cruise Line naik 4,5 persen dan Royal Caribbean naik 2,8 persen.

Penutupan Perdagangan Sebelumnya

PT Bestprofit Futures – Saham berjangka AS bergerak lebih rendah dalam perdagangan semalam pada hari Selasa setelah Presiden Donald Trump membatalkan pembicaraan stimulus hingga setelah pemilihan November.

Dikutip dari CNBC, Rabu (7/10/2020), indeks saham Dow berjangka turun 60 poin. S&P 500 futures dan Nasdaq 100 futures masing-masing turun 0,28 persen dan 0,2 persen.

Dalam perdagangan reguler pada hari Selasa, Dow Jones Industrial Average ditutup turun 375 poin setelah Trump men-tweet Gedung Putih menghentikan pembicaraan dengan Demokrat tentang kesepakatan stimulus virus corona kedua. Di awal sesi, saham-saham menguat dengan harapan akan ada paket bantuan kedua untuk menopang pasar saat wabah virus korona merebak.

“Saya telah menginstruksikan perwakilan saya untuk berhenti bernegosiasi sampai setelah pemilihan, segera setelah saya menang, kami akan mengesahkan RUU Stimulus utama yang berfokus pada pekerja keras Amerika dan Bisnis Kecil,” kata Trump dalam tweet pada hari Selasa.

PT Bestprofit Futures – Indeks saham S&P 500 kehilangan 1,4 persen dan Nasdaq Composite turun 1,57 persen pada hari Selasa.

“Ini sangat mengganggu,” Tom Block, ahli strategi kebijakan Washington di Fundstrat, mengatakan kepada CNBC. “Tidak boleh ada presiden. Pandangan saya adalah ini negatif untuk pasar,” tambahnya

Beberapa orang di Wall Street berspekulasi bahwa langkah Trump hanyalah taktik negosiasi, sementara yang lain berhipotesis bahwa presiden benar-benar tidak berpikir tentang ekonomi yang membutuhkan USD 2 triliun lagi untuk pengeluaran fiskal.

best jakartaprofit jakartafutures jakartabpf jakartabestprofit jakartaBest Profitbest profit futures jakartaPT Bestprofit Futurespt Bestprofit Futures jakarta, Bestprofit, PT Bestprofit

Tinggalkan Balasan