Dolar AS Makin Berjaya Terhadap Yen Jepang

http://economy.okezone.com

TOKYO – Yen Jepang bergerak pada penurunan mingguan kelima terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Jepang akan mengadakan pemilihan umum parlemen pada bulan depan, karena Perdana Menteri Shinzo Abe akan mengeluarkan stimulus ekonomi.Mata uang yen Jepang telah jatuh terhadap semua 31 mata uang utama sejak 14 November sebelum data minggu depan, yang diperkirakan akan menunjukkan ekspansi ekonomi AS. Data kemarin menunjukkan inflasi AS lebih cepat dari perkiraan.

Euro menuju kenaikan mingguan kedua sebelum Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi berbicara pada Kongres Perbankan Eropa hari ini. Indeks yang mengukur volatilitas valuta asing mencapai tinggi sembilan bulan.

“Skenario utama adalah untuk koalisi Abe untuk memenangkan mayoritas. Dolar-yen adalah solid sebagai data ekonomi AS yang relatif kuat. Investor ingin membeli dolar terhadap yen dan euro hingga tahun depan,” kata ahli strategi mata uang Nomura Holdings Inc, Yujiro Goto, seperti dilansir dari Bloomberg, Jumat (21/11/2014).

Yen sedikit berubah pada 118,18 per USD di Tokyo, terendah sejak Agustus 2007. Minggu ini, yen Jepang telah jatuh 1,6 persen. Mata uang yen Jepang diperdagangkan pada 148,27 per euro dari 148,24 per euro di New York.

Mata uang 18 negara, Euro, berada di USD1,2546 per euro setelah mencapai USD1,2358 per euro terendah sejak Agustus 2012. Mata uang bersama telah meningkat 0,7 persen dalam dua minggu terakhir.