Dolar AS Kembali Melambung karena The Fed

http://economy.okezone.com

TOKYO – Dolar Amerika Serikat (AS) berhasil naik ke level tertinggi tujuh tahunan terhadap yen Jepang. Para analis memprediksi data ekonomi Amerika akan lebih tinggi karena beberapa faktor.Wakil Ketua Federal Reserve Stanley Fischer mengatakan harga minyak mentah yang rendah merupakan anugerah bagi ekonomi AS. Karenanya, pertumbuhan ekonomi Amerika diperkirakan akan mencapai target.

“Pasar telah memperhatikan komentar dari pejabat Fed bahwa harga energi yang lebih rendah adalah nilai tambah bagi pemulihan AS. Optimisme atas prospek ekonomi yang menguat, memicu pembelian dolar,” kata wakil presiden Sumitomo Mitsui Trust Bank, Yasuhiro Kaizaki, seperti dilansir dari Bloomberg, Rabu (2/12/2014).

Dolar AS sedikit berubah pada 119,29 per yen Jepang di Tokyo, setelah mencapai 119,34 per USD, tertinggi sejak Agustus 2007. Dolar diperdagangkan pada USD1,2387 dari USD1,2383, sedangkan euro diperdagangkan pada 147,76 per yen Jepang dari 147,63 per yen Jepang.

Mata uang AS telah menguat 9,6 persen pada tahun lalu, dan menjadi mata uang yang paling kuat di antara 10 mata uang negara berkembang yang tercatat di Bloomberg Correlation-Weighted Indexes. Euro jatuh 1,1 persen dan yen turun 7,3 persen.