Dolar AS dan Yen Kompak Menguat

okezone.com

PT. BESTPROFIT FUTURES

TOKYO – Dolar Amerika Serikat (AS) mencapai level terkuat dalam sembilan tahun kemarin, setelah the Federal Reserve mensinyalkan adanya kenaikan suku bunga. Volatilitas mata uang melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari satu tahun.Selain dolar AS, yen Jepang juga menguat ke level tertinggi dalam hampir dua bulan terhadap euro, di tengah kekhawatiran investor Yunani akan meninggalkan Eropa, dan spekulasi bahwa Bank Sentral Eropa akan melakukan pembelian obligasi dalam skala besar.”Minyak mentah terus menurun dan politik Yunani terus membawa kekhawatiran. Ada tekanan yang luas dan penghindaran risiko yang memacu kenaikan yen,” kata kepala ekonom Sumitomo Mitsui Banking Corp, Etsuko Yamashita, seperti dilansir dari Bloomberg, Selasa (6/1/2015).

Yen Jepang naik 0,2 persen menjadi 119,42 per USD, setelah naik 0,7 persen kemarin. Sementara terhadap euro, naik 0,2 persen menjadi 142,55 per euro setelah sebelumnya mencapai 142,28 per euro.

The Bloomberg Dollar Spot Index, yang melacak mata uang AS terhadap 10 mata uang utama, sedikit berubah pada 1.142,73. Indeks ini sempat mencapai 1.143,40, penutupan tertinggi sejak 2005.

PT. BESTPROFIT FUTURES