Bestprofit Futures Jakarta

Seakan ingin membuat serangan balik kepada Polri, Kontras langsung membuka posko pengaduan bagi masyarakat yang dirugikan oleh oknum polisi saat tersangkut dalam kasus narkotika.

Menurut wakil Koordinator Kontras, Puri Kencana, posko ini adalah tempat pengaduan bagi masyarakat yang ingin mengadukan pengalaman masyarakat menghadapi praktik-praktik buruk yang dilakukan oleh aparat dalam isu narkotika, seperti pemerasan, rekayasa kasus, penyiksaan, penjebakan, dan kriminalisasi.

“Posko ini adalah ekspresi ketidakpuasan atas sistem penegakan hukum Indonesia di bidang narkotika khususnya, yang kerap cacat prosedur, korup, namun menolak dikoreksi,” kata Puri kepada wartawan di Jakarta, Kamis (4/8).

Ia menambahkan, pembentukan tempat pelaporan itu karena Kontras ingin memperluas kekuatan untuk melawan keterlibatan oknum penegak hukum yang ikut dalam jaring peredaran narkoba.

Masyarakat yang ingin menceritakan pengalamannya dapat membuat laporan dengan menyertakan nama, bukti, kronologi kasus yang melibatkan aparat, serta dokumen terkait seperti foto atau berkas-berkas lainnya. Masyarakat yang melapor akan diminta menunjukkan identitas dan bukti keterlibatan oknum aparat yang merugikannya.

“Kalau ada kejahatan narkoba yang melibatkan aparat kepolisian, apakah mereka memeras atau minta bayaran sejumlah uang bisa lapor ke posko ini. Kami akan tindaklanjuti dengan mengonfirmasi kepada pihak berwajib,” terang Puri.

“Bisa juga dikirim melalui alamat email ke Bongkaraparat@kontras.org,” tambahnya.

Puri sendiri mengatakan, pembentukan posko ini bukan sebagai serangan balik terhadap polisi, melainkan karena wujud keinginan mereka sendiri untuk membenahi penegak hukum yang tak becus.

Posko Darurat Bongkar Aparat ini terletak di Kantor KontraS di Jl. Kramat II No. 7, Senen, Jakarta Pusat. Masyarakat juga dapat menjangkau kami melalui surat elektronik di bongkaraparat@kontras.org atau telepon dengan Arif (KontraS) di 081513190363 atau Yohan (LBH Masyarakat) di 085697545166 sebagai narahubung.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)