http://investasi.kontan.co.id

SINGAPURA. Harga emas dunia menurun pada transaksi perdagangan hari ini (4/12). Pagi tadi, harga kontrak emas dunia untuk pengantaran segera turun sebesar 0,2% menjadi US$ 1.206,87 per troy ounce. Pada pukul 08.59 waktu Singapura, harga kontrak yang sama berada di posisi US$ 1.207,17 per troy ounce.

Pada 1 Desember lalu, harga emas sempat menyentuh level US$ 1.221,43 per troy ounce. Ini merupakan level tertinggi sejak 29 Oktober lalu. Sedangkan harga kontrak emas untuk pengantaran Februari turun 0,1% menjadi US$ 1.207,60 per troy ounce di Comex, New York.

Turunnya harga emas terjadi setelah data tenaga kerja AS menunjukkan adanya pertumbuhan positif. Kondisi itu yang kemudian memicu ekspektasi bahwa bank sentral AS akan segera menaikkan suku bunganya sehingga memperkuat posisi dollar. Sebaliknya, permintaan emas pun menurun.

Emas juga diramal akan dipengaruhi oleh hasil pertemuan bank sentral Eropa (ECB).

“Arah dollar akan mempengaruhi pergerakan harga emas. ECB harus melakukan sesuatu. Tanpa adanya quantitative easing yang signifikan, maka tidak akan banyak pengaruh terhadap harga emas,” jelas David Lennox, resource analyst Fat Prophets.