Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari detik.com

best profit 166Wilayah Manna, Provinsi Bengkulu, diduga menjadi sumber utama pasokan daging celeng dari Sumatera ke Jawa termasuk ke Jakarta. Daging celeng ini ada yang dikirim ke Jakarta untuk industri olahan daging tujuan ekspor.

 

Seorang pemburu babi hutan asal Lampung yang namanya tak mau disebutkan, mengatakan di setiap bulan Juli, Agustus hingga September biasanya ada Safari Berburu di Manna, Bengkulu. Serbuan hama daging celeng meningkat pada periode tersebut.

 

“Hasil buruan memang diambil oleh penampung dari Jakarta, yang menurut info diolah di pabrik menjadi sosis babi untuk diekspor ke Hong Kong dan Singapura,” kata pemburu tersebut, Kamis (17/7/2014)

 

Pemburu tersebut mengatakan biasanya pasokan daging celeng untuk kebutuhan industri olahan daging babi membawa daging dari Bengkulu ke Jakarta dengan kendaraan khusus.

 

“Dibawa menggunakan mobil berpendingin atau chiller,” katanya.

 

Kasus tertangkapnya pengusaha daging celeng olahan seperti produk bakso di Jakarta bukan hal baru, misalnya M pada Mei 2014 lalu, tukang bakso daging celeng, SW (45) akhirnya diserahkan petugas Dinas Peternakan Jakarta Barat ke pihak kepolisian.

 

Pedagang bakso yang biasa menyalurkan barang dagangannya di kawasan Tambora, Jakbar ini biasa menghabiskan 15 kg daging celeng per hari untuk bakso olahannya.

 

(hen/ang)