http://finance.detik.com

Beijing -Meski pertumbuhan ekonominya turun dalam beberapa tahun terakhir, namun jumlah orang super kaya di China terus bertambah menembus rekor. Ada lebih sekitar 17.000 orang super kaya di negeri tirai bambu ini.

Demikian data ‘China Ultra High Net Wealth Report 2014-2015′ yang dilansir dari China Daily, Selasa (7/4/2015).

Pada data tersebut terpapar, sekitar 17.000 orang super kaya di China yang memiliki aset paling kecil 500 juta yuan (US$ 81,35 juta) atau di atas Rp 1 triliun.

Memang jumlah orang kaya di China tahun ini mencapai rekor tertingginya dalam 15 tahun terakhir. Laporan tersbut bahkan memaparkan secara detil soal tempat tinggal, gaya hidup, sampai tempat orang kaya ini menaruh harta kekayaannya.

Total aset atau harta orang super kaya di China tersebut mencapai 31 triliun yuan, atau 10 kali PDB Norwegia, dan bahkan 20 kali PDB di Filipina. Orang super kaya ini umurnya rata-rata 51 tahun, dan rata-rata asetnya adalah 1,81 miliar yuan.

Kebanyakan orang super kaya di China ini bekerja sebagai pengusaha, pengembang properti, dan investor profesional. Orang super kaya ini mayoritas menekuni usaha di sektor industri manufaktur.

Sekitar 55% dari orang super kaya di China mengaku dirinya menyukai investasi perhiasan dan batu mulia. Lalu lebih dari 80% menyatakan bakal melakukan investasi di luar negeri.