Vitamin D Bantu Redakan Serangan Asma

Bestprofit Futures Jakarta

Sebanyak 300 juta penderita asma di dunia dapat mengurangi risiko serangan asma dengan asupan vitamin D, selain mengonsumsi obat-obatan asma standar mereka.

Analisa yang meliputi uji coba di Amerika Serikat, Kanada, India, Jepang, Polandia dan Inggris menemukan, bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dapat membantu pasien mengurangi risiko serangan asma.

Adrian Martineau, seorang profesor infeksi pernapasan di Queen Mary University of London yang memimpin penelitian, mengatakan hasil yang menarik, meskipun juga menyarankan seseorang untuk tetap hati-hati.

“Temuan yang berkaitan dengan serangan asma berat ini hanya didapat dari tiga percobaan di mana pasien sebagian besar orang dewasa dengan asma ringan atau sedang,” katanya.

Uji coba lebih lanjut diperlukan untuk anak-anak dan orang dewasa dengan asma berat untuk mengetahui apakah vitamin D juga bisa bermanfaat bagi pasien tersebut.

Martineau lebih lanjut mengatakan, belum jelas pula apakah efek dari tablet vitamin D berkhasiat untuk seluruh pasien, atau hanya pada mereka yang memiliki kadar vitamin D yang rendah.

Erika Kennington, kepala riset untuk Asthma-UK, mengatakan bahwa temuan ini menjanjikan, tapi diperlukan lebih banyak bukti bila ingin diterapkan sebagai salah satu solusi asma.

“Dengan begitu banyak jenis asma, bisa jadi bahwa Vitamin D dapat memberi manfaat bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu, tetapi belum tentu yang lain,” katanya.

Asma adalah penyakit kronis yang mempengaruhi sekitar 300 juta orang di seluruh dunia, dengan gejala meliputi batuk, sesak dada dan sesak napas.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)

Jalan Kaki Pangkas Risiko Kematian Akibat Penyakit Kardiovaskular

Bestprofit Futures Jakarta

Kegiatan fisik sedang, seperti berjalan kaki atau bersepeda, kata sebuah penelitian, dapat menurunkan tingkat kematian akibat penyakit kardiovaskular, pada mereka yang berada di atas usia 65 tahun, hingga 50 persen.

“Studi kami menyediakan bukti lebih lanjut bahwa orang dewasa yang lebih tua dan aktif secara fisik memiliki risiko lebih rendah dari penyakit jantung koroner, stroke dan kematian akibat penyakit kardiovaskuler,” kata salah satu peneliti, Riitta Antikainen, profesor geriatri di University of Oulu, Finlandia Bestprofit Futures Jakarta.

Efek perlindungan dari aktivitas fisik ini, tergantung dosis waktu yang Anda lakukan. Dengan kata lain, semakin sering Anda lakukan, akan semakin baik pula.

“Aktivitas fisik juga melindungi Anda, bahkan jika Anda memiliki faktor risiko lain dari penyakit kardiovaskular seperti kolesterol tinggi,” kata Antikainen seperti dilansir Boldsky.

Penelitian ini menilai hubungan antara aktivitas fisik di waktu luang dan risiko penyakit kardiovaskular, serta kematian pada 2456 lelaki dan perempuan, berusia 65-74 tahun yang terdaftar di dalam Studi Nasional FINRISK antara 1997 dan 2007. Peserta mengikuti sampai akhir 2013.

Para peneliti selanjutnya mengklasifikasikan aktivitas fisik menjadi dua macam, yakni aktivitas fisik tingkat sedang, seperti berjalan, bersepeda atau melakukan bentuk-bentuk latihan ringan, seperti memancing, berkebun, atau berburu, setidaknya empat jam seminggu.

Serta aktivitas fisik yang tinggi, seperti berjalan, jogging, ski, senam, renang, bermain bola hingga berkebun berat, atau mengikuti latihan yang intens, serta kompetisi olahraga setidaknya tiga jam seminggu.

Mereka menemukan bahwa aktivitas fisik sedang dan tinggi di waktu luang ternyata menurunkan risiko masing-masing hinga 31 persen dan 45 persen dari penyakit kardiovaskular akut.

Aktivitas fisik di waktu luang yang sedang dan tinggi, juga dikaitkan dengan 54 persen dan 66 persen pengurangan angka kematian penyakit kardiovaskular.

Penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular yang umum adalah: penyakit jantung iskemik (ischemic heart disease) (IHD), stroke, penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi (hypertensive heart disease), penyakit jantung rematik (rheumatic heart disease) (RHD), pembesaran aorta (aortic aneurysm), cardiomyopathy, atrial fibrillation, penyakit jantung bawaan (congenital heart disease),endocarditis, dan peripheral artery disease (PAD).

Mekanisme yang mendasari bervariasi tergantung dari penyakitnya. Penyakit jantung iskemik, stroke, dan PAD melibatkanatherosclerosis. Hal ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi, merokok, diabetes, kurang bergerak (lack of exercise), kegemukan,kolesterol tinggi, diet tak seimbang, minum alkohol secara berlebihan. Tekanan darah tinggi menyebabkan 13% kematian akibat CVD, sedangkan tembakau 9%, diabetes 6%, kurang bergerak 6% dan kegemukan 5%. Yang lainnya seperti RHD diakibatkan tidak diobatinya infeksi tenggorokan yang terkena bakteri streptococcal.

Diperkirakan 90% CVD dapat dicegah. Pencegahan atherosclerosis dilakukan dengan mengurangi faktor-faktor resiko melalui: makanan yang sehat, banyak gerak, menghindari merokok dan membatasi minum alkohol. Mengobati tekanan darah tinggi dan diabetes juga memberikan manfaat. Mengobati pasien dengan tenggorokan yang terinfeksi streptococcus dengan antibiotik juga dapat mengurangi resiko RHD. Efek penggunaan aspirin pada orang yang sehat tidak memberikan manfaat yang jelas.USPSTF merekomendasikan penggunaanya untuk pencegahan pada wanita berusia kurang dari 55 tahun dan pria berusia kurang dari 45 tahun; bagaimanapun, pada mereka yang lebih lanjut usia juga direkomendasikan untuk beberapa individu tertentu. Pengobatan pada mereka yang menderita CVD memberikan hasil yang lebih baik.

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di dunia. Hal ini benar untuk semua tempat di dunia, kecuali Afrika.Terjadi 17,3 juta kematian (31.5%) pada tahun 2013 meningkat dari 12,3 juta (25.8%) pada tahun 1990. Pada umur tertentu, tingkat kematian akibat CVD menjadi umum dan meningkat di negara-negara berkembang, sedangkan tingkat tersebut menurun di kebanyakan negara-negara yang sudah maju sejak tahun 1970. IHD dan stroke mengambil porsi 80% dari kematian akibat CVD pada laki-laki dan 75% pada wanita. Banyak penyakit kardiovaskular terjadi pada orang yang lebih tua. Di Amerika Serikat 11% masyarakat berusia antara 20 dan 40 menderita CVD, sedangkan 37% berusia antara 40 dan 60, 71% berusia antara 60 dan 80, dan 85% dari masyarakat berusia 80 tahun ke atas menderita CVD. Rata-rata kematian akibat IHD di negara-negara maju adalah sekitar 80 tahun, sedangkan di negara-negara berkembang adalah 68 tahun. Penyakit ini muncul 7 sampai 10 tahun lebih awal pada pria dibandingkan wanita Bestprofit Futures Jakarta.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)

8 Kepribadian Cewek Dilihat Dari Bentuk Dadanya

Bestprofit Futures Jakarta

Bagi sebagian cewek, mungkin tidak memperhatikan bentuk payudara, tapi tahukah kamu sebenarnya bentuk-bentuk payudara itu ada namanya lho. Malah, bentuk payudara bisa mencerminkan sifat cewek. Jangankan cowok, cewek aja kadang nggak tahu nama dari jenis payudara yang mereka miliki Bestprofit Futures Jakarta.

 Tahu sendiri kan kalau cowok sangat tertarik dengan payudara cewek. Fetish kayak gini sejatinya adalah sebuah kondisi mental yang memang dimiliki oleh hampir semua cowok. Nah bagi para cowok yang ingin tahu jenis dan nama payudara cewek, kali ini Hipwee Boys berusaha memberikan informasi yang bisa jadi sangat penting bagi kalian. Soalnya, jenis payudara cewek bisa menjadi petunjuk perilaku si cewek tersebut. Langsung cek aja yuk!

1.Bentuk payudara yang sempurna namanya the perfect breast shape

Nah, bentuk payudara jenis ini termasuk bentuk yang sempurna. Karena, tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil. Bisa dikatakan pas dan cukup. Biasanya, cewek yang punya payudara perfect breast shape tidak pernah tahan dengan ikatan serius.

Terkadang dia tidak peduli dengan perasaan orang lain, tetapi dia suka merawat keluarganya dan jujur pada suaminya. Dari luar cewek ini tampak seperti orang baik dan bertanggung jawab, namun di dalam hatinya emosinya meledak-ledak walau hanya menghadapi masalah sepele. Hm, kamu gitu juga nggak?

2. Payudaramu termasuk mengkerucut? Jenis ini namanya swooping breast~

Kalau payudaramu berbentuk kerucut itu bernama swooping breast. Nah, rata-rata tipe payudara kerucut ini digambarkan dengan sifat yang tidak mudah menyerah dan hobi berolahraga. Seorang petualang sejati dan cenderung egois. Intinya, cewek dengan jenis payudara ini adalah cewek petualang yang memiliki jiwa bebas. Jangan mengekang cewek jenis ini, karena dia pasti akan pergi kalau dikekang.

3. Payudara agak ke bawah dan turun? Namanya Sagging breast~

Pemilik payudara sagging breast ini sangat sensitif. Dia akan merasa dikhianati jika kekasihnya tidak menanggapi perhatian yang diberikannya melalui isyarat-isyarat tertentu. Pola pikir cewek ini sangat polos dan tidak berpengalaman. Dalam rumah tangga, cewek ini adalah pencerah suasana karena sifat alaminya yang baik hati, terutama dalam menyambut suaminya setelah bekerja. Hm, kamu gitu juga nggak?

4. Large Breast, untuk ukuran payudara yang agak extra. ‘Masa depan’ bagus ini ~

Kamu tahu nggak cewek yang memiliki payudara bulat besar dan cenderung menggantung adalah tipe cewek yang menyukai kebebasan dan tidak suka diatur. Ia juga menyukai kemandirian dan tidak suka dikekang. Ia sangat mudah untuk memulai hubungan dengan pria karena sifatnya yang hangat, ramah dan terbuka.
Ia memiliki pemikiran luas, rendah hati, dan baik hati, sedangkan falsafah hidupnya adalah kehidupan ini pendek. Tapi dia nggak segan memaafkan orang lain yang pernah melakukan kesalahan padanya. Cewek ini bercita-cita menikah dengan pria yang menghormati kebebasan serta suka gaya hidup aktif. Pria idolanya adalah pria yang bertanggung jawab, dan bersedia berbagi masalah bersama. Tuh, dengerin tuh!

5. Cewek yang berpayudara kecil dinamakan Small breast~

Kalau kamu memiliki payudara yang tidak besar, artinya kamu adalah cewek yang mempunyai sifatnya terbuka, mampu memahami orang lain. Cewek ini dikenal sebagai orang baik hati dan penolong. Mungkin kebaikan ini muncul karena dia suka mencampuri urusan orang lain. Karena cewek tipe ini nggak tahan menghadapi stres berkepanjangan. Maka saat mengalami stres dia akan dengan mudah terkena penyakit. Gak apa-apa kecil yang penting seksi!

6. Tubular Breast adalah payudara berbentuk tabung, cenderung agak melebar

Pemilik payudara ini sangat sensitif. Dia akan merasa dikhianati jika kekasihnya tidak menanggapi perhatian yang diberikannya melalui isyarat-isyarat tertentu. Selanjutnya dia akan menangis dan kehilangan kepercayaannya pada hubungan cintanya.

Pola pikir cewek ini sangat polos dan tidak berpengalaman, karena itu kesadarannya akan seks muncul terlambat. Tapi jangan khawatir pengetahuan dan pengalaman seksnya akan mengalami kemajuan jika sudah menikah nanti. Dalam rumah tangga, cewek ini adalah pencerah suasana karena sifat alaminya yang baik hati, terutama dalam menyambut suaminya setelah bekerja. Pria yang menjadi pilihan wanita ini adalah pria yang pemberani dan teguh dalam pendirian.

7. Tahu Marlyin Monroe? Dia adalah contoh cewek dengan payudara tipe Snoopy

Pernah lihat kartun Snoopy? Nah, Snoopy adalah salah satu bentuk payudara yang cenderung menandakan seorang cewek tomboy. Biasanya sih, cewek dengan bentuk payudara Snoopy ini tidak mau dipaksa atau dikekang oleh orang lain karena ia memiliki gengsi dan harga diri yang tinggi . Urusan cinta , dia sangat menginginkan seseorang yang dapat dipercaya dan selalu ada di sampingnya di saat sedih maupun senang.

8.Bentuk payudara ini bernama Pectus Catinum, payudara yang cenderung kecil dan sedikit melebar

Kalau kamu memiliki payudara yang kecil dan cenderung melebar, itu bernama Pectus Catinum. Sifat cewek yang memiliki payudara jenis ini cenderung periang dan mandiri.

Jadi, dari bentuk payudara saja kita sudah tahu nama dan sifatnya. Mungkin hanya sebagian orang peduli bentuk dan nama payudara. Tapi, balik lagi sih kalau kamu memperhatikan bentuk payudara cewek, tentu itu nilai plus buat kamu sebagai ilmu pengetahuan. Ya kan?

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)

Rutin Aja Lakukan 9 Hal Simpel Ini. Wajahmu Bakal Mulus Tanpa Perawatan Mahal

Bestprofit Futures Jakarta

Wajah menjadi salah satu anggota tubuh yang nampaknya sangat penting untuk dijaga. Dengan alasan itu nggak jarang di antara kamu mengeluarkan banyak biaya untuk merawatnya. Mulai dari ke dokter kulit, rajinpeeling, sampai beli skin care yang harganya nggak murah Bestprofit Futures Jakarta.

Padahal kenyataannya kamu nggak perlu repot dan bayar mahal hanya untuk merawat wajahmu. Karena semua bisa kamu lakukan sendiri. Kali ini Hipwee akan memberikan perawatan rumahan yang sebenarnya setara dengan perawatan di klinik kecantikan. Bedanya lebih murah dan jauh lebih gampang.

Yuk, simak di bawah ini!

1. Flek di wajahmu bisa dihilangkan dengan masker bengkuang atau mentimun yang bisa dibikin sendiri di rumah.

Buah bengkuang dan mentimun nggak cuma bagus untuk kesehatan tubuhmu, buah itu juga bagus untuk merawat wajahmu agar flek-flek yang terlihat mengganggu bisa hilang. Untuk membuat bengkuang atau mentimun menjadi masker juga cukup mudah kok. Kamu hanya perlu memblendernya aja.

Cara penggunaannya cukup dengan kamu mengoleskan masker itu di wajahmu secara rata kurang lebih selama 15 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat, kemudian basuhlah wajah dengan air es, diikuti dengan tepukan perlahan dan merata sampai wajahmu terasa segar. Kamu akan merasakan efek sejuk di wajahmu setelah memakan masker tersebut. Ingat ya, pilih buah yang segar untuk dijadikan masker agar tidak menjadi iritasi.

2. Nggak perlu peeling lagi. Buang kulit mati dengan irisan jeruk nipis

Jeruk nipis yang mungkin bisa kamu temukan di dalam kulkas atau dapur di rumahmu ternyata bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajahmu, lho. Yap! Irisan jeruk nipis itu mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang mengganggu wajahmu.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama kamu harus mengoleskan irisan jeruk nipis ke wajahmu dan diamkan sampai itu mengering, lalu bilaslah wajahmu dengan air hangat-hangat kuku supaya pori-pori wajahmu terbuka, dan terakhir bilas kembali wajah dengan air yang dingin agar pori-pori kembali merapat.

3. Teh yang didiamkan semalaman bisa jadi pengganti krim anti aging yang nggak murah

Ternyata teh nggak cuma bisa memberikan kenikmatan saat kamu meminumnya. Kandungan tanin di dalam teh ternyata sangat bisa mengatasi permasalahan kulit karena terbakar matahari dan membuatmu tetap awet muda.

Begini cara merawat mukamu dengan teh, pertama kamu harus inapkan secangkir teh tawar yang kental selama satu malam, lalu oleskan air teh keseluruh kulit wajah dan bisa juga dipakai di tubuhmu dan biarkan teh itu kering dengan sendirinya ya, kemudian bilas dengan air hangat untuk membuka pori kulit, dan jangan lupa untuk membilas ulang dengan air biasa untuk menutup pori ya.

Selain itu, teh juga bermanfaat untuk menyegarkan mata kamu yang lelah. Kamu tinggal meletakkan sekantong teh celup yang sudah dingin pada kelopak matamu sambil berbaring. Jadi, kamu bisa sekaligus merawat kulit wajah dan juga mata.

4. Kalau rajin pakai minyak zaitun, kamu nggak butuh pelembab mahal racikan dokter lagi

Buat kamu yang punya jenis kulit muka kering, coba deh rawat dengan rajin mengoleskan minyak zaitun. Kandungan pada minyak zaitun itu bersifat melembutkan, membersihkan, dan mengurangi stress pada kulit. Jadi, nggak akan salah kalau kamu mengoleskan dengan teratur minyak zaitun di wajahmu. Selamat melembabkan kulit muka dengan minyak zaitun ya.

5. Kamu pasti sebel banget kan lihat komedo di wajahmu? Nggak perlu facial. Bersihin aja dengan buah tomat

Kamu pasti sudah nggak asing dengan tanaman yang disebut sebagai buah dan sayuran yang satu ini, tomat. Ternyata tomat memiliki banyak khasiat untuk mempercantik wajahmu, lho. Tomat dapat menghilangkan komedo, jerawat, dan bekas jerawat di wajahmu lho.

Kamu hanya perlu mengiris tomat menjadi beberapa bagian, kemudian oleskanlah di wajahmu dan jangan lupa untuk menempelkannya di bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama 15 menit. Lakukanlah secara rutin selama satu bulan demi hasil yang bias memuaskanmu.

6. Kalau bisa diatasi pakai madu, kenapa harus laser buat menghilangkan noda membandel di wajahmu?

Madu memang dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Kamu bias menggunakan madu sebagai obat jerawat, khususnya jerawat batu. Tidak hanya itu, batu juga mampu menghilangkan noda bekas jerawat, lho. Agar lebih efektif, kamu bisa campurkan madu dengan putih telur.

Cara penggunaannya, pertama kamu siapkan dulu madu dan putih telur lalu campurkan keduanya dan aduk sampai semua benar-benar tercampur. Kemudian kamu oleskan di wajahmu secara merata dan tebalkan di bagian wajah yang berjerawat selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air hangat, diikuti dengan bilasan berikutnya dengan air dingin. Kamu harus mengulangnya beberapa kali sampai jerawatmu benar-benar hilang.

7. Toner beralkohol untuk mengurangi minyak berlebih ternyata bisa digantikan dengan buag apel. Yeay!

Selain enak untuk dimakan, ternyata buah apel bisa membantu kamu mengatasi minyak berlebih yang ada di wajahmu. Dengan begitu, otomatis apel bisa banget kamu manfaatkan untuk merawat wajahmu. Caranya juga gampang banget, kamu hanya perlu menghancurkan apel dengan blender dan sebaiknya jangan tambahkan air sedikit pun. Setelah itu, oleskanlah pada wajahmu selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air yang bersih ya.

8. Kulit lembab dan kenyal bisa kamu dapatkan lewat bantuan buah pisang. Nggak usah beli serum mahal

Kamu pasti mengidamkan kulit wajah yang selalu lembab dan kenyal, kan? Nggak usah khawatir untuk mengeluarkan uang banyak untuk itu. Kamu hanya membutuhkan 1 buah pisang ambon yang dikupas kulitnya dan dihancurkan buahnya. Kemudian, tambahkan pisang yang sudah hancur itu dengan 1 sendok madu dan oleskan secara merata pada wajahmu selama 30 menit. Setelah itu jangan lupa bersihkan ya dengan kapas dan air hangat. Lakukan secara rutin ya!

9. Krim whitening belum tentu aman. Mau kulit cerah? Rutin pakai buah pepaya aja

Buah pepaya yang hijau atau oranye ini juga ternyata memiliki khasiat baik untuk kulit wajah. Pepaya ternyata dapat mencerahkan kulitmu, lho, karena pepaya hijau memiliki enzim papain yang ideal banget untuk memutihkan kulitmu.

Untuk merawat wajahmu, caranya mudah kok. Ambil satu sendok makan pepaya hijau yang masih mangkal dan haluskan, serta ambil juga satu sendok makan pepaya masak yang juga dihancurkan, lalu campurkan keduanya. Setelah itu, oleskan pada wajahmu secara rata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas. Lakukan itu setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Mulai sekarang kamu bisa memanjakan wajahmu sendiri, kan? Jadi, nggak usah lagi keluar uang banyak dan kamu tetap bisa tampil oke setiap saat dengan wajah yang berseri-seri. Selamat mencoba ya.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)

5 Hal mengejutkan yang terjadi pada tubuh saat berhenti minum susu!

Bestprofit Futures Jakarta

Saat masih anak-anak, mungkin Anda akan dipaksa untuk terus minum susu agar terus sehat dan kuat. Akan tetapi, hal itu tidaklah benar.

Justru berhenti minum susu adalah langkah sehat agar Anda tidak obesitas dan justru memiliki tubuh sehat. Lantas apakah dengan berhenti minum susu akan membahayakan kesehatan? Tentu tidak.

Berikut ini merdeka.com akan menjelaskan pada Anda tentang apa yang akan terjadi ketika Anda berhenti minum susu. Simak ulasannya.

1. Kehilangan berat badan

Di dalam susu anak selalu memiliki kandungan laktosa. Disadari atau tidak, ini adalah bentuk lain dari gula. Kandungan gula ini sejatinya cukup untuk meningkatkan kadar insulin bagi Anda. Namun tingkat konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas.

nah, jika Anda berhenti minum susu, maka berat badan Anda akan berkurang. Tubuh Anda akan memiliki insulin yang normal sehingga besar kemungkinan Anda akan berada dalam bentuk badan yang ideal.

2. Pencernaan akan menjadi lebih baik

Perlu Anda ketahui, faktanya laktosa yang terkandung di dalam susu tidak semua orang dapat mencernanya. Intoleransi laktosa dapat menyebabkan diare, bahkan lebih buruk dari itu. Oleh karena itu Anda bisa berhenti minum susu sekarang untuk memperlancar pencernaan.

Atau Anda bisa juga mengonsumsi susu yang tidak mengandung laktosa agar pencernaan jadi lebih lancar.

3. Tulang akan jadi lebih kuat

Tulang akan jadi lebih kuat tanpa minum susu? Benarkah?

Anda tidak salah baca. Jangan heran, pasalnya menurut sebuah studi di British Medical Journal pada tahun 2014 lalu, para peneliti menemukan bahwa orang yang minum susu secara teratur sangat rentan terhadap patah tulang pinggul. Waduh!

4. Mengurangi risiko kanker

Menurut para peneliti Swedia, hormon susu adalah penyebab kemungkinan pertumbuhan insulin dalam darah. Sedangkan hormon tersebut diindikasi adalah cikal bakal pertumbuhan sel-sel kanker.

5. Mengurangi rasa kembung

Telah dikatakan sebelumnya bahwa tidak semua orang mampu mencerna laktosa dalam susu. Nah, menurut sebuah penelitian lain dikatakan bahwa setidaknya ada 75 persen manusia di dunia ini yang tidak dapat memecah laktosa. Kondisi ini dikenal sebagai intoleransi laktosa.

Orang yang tidak toleran laktosa akan merasakan kembung. Ini adalah efek samping yang umum menurut studi Baylor College 2009. Nah, berhenti minum susu dapat mengurangi rasa kembung di dalam perut.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)