Bestprofit Futures Jakarta

Mendengar banyak orang mengeluhkan masalah kelebihan berat badan, mungkin terdengar biasa di telinga Anda. Tapi, mendengar keluhan orang yang sulit menaikan berat badan, mungkin jarang Anda dengar bukan? Karena faktanya, terdapat beberapa orang yang butuh usaha ekstra untuk menaikan berat badan. Lalu cara apakah yang efektif untuk menaikan bobot tubuh secara sehat dan proposional?

Untuk dapat menambah bobot tubuh, diperlukan kombinasi nutrisi yang tepat dan juga olahraga yang rutin. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda terapkan:

  1. Setiap orang pasti ingin memiliki berat badan yang ideal, salah satunya karena faktor kesehatan dan faktor penampilan. Baik pria ataupun wanita yang berat badannya dibawah ideal, terlalu kurus, tidak ada salahnya untuk mencoba menggemukan badan.  Berikut ini kami berikan beberapa pilihan cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan dalam waktu relatif singkat.
    1. Perbanyak Makan

    Tentu saja cara pertama adalah memperbanyak makan, tapi jangan asal sembarangan makan. Makanan yang boleh dikonsumsi adalah makanan sehat, junk food sangat tidak dianjurkan. Anda menginginkan berat badan naik, bukan menambah lemak jahat dan kolesterol dalam tubuh. Perbanyak mengonsumsi karbohidrat dan protein, serta konsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi, tapi tentu saja yang sehat, seperti kacang, keju, susu, selai kacang, buah alpukat, daging dan lain sebagainya. Sering-seringlah memakan camilan.

    1. Minum Air Putih

    Air adalah komponen utama dalam tubuh kita, rata-rata mencapai 65% berat tubuh pada orang dewasa. Diperlukan banyak air bagi tubuh untuk dapat berfungsi secara optimal, oleh karenanya kurang minum air putih tentu akan merugikan kesehatan. Metabolisme tubuh yang lancar akan menyebabkan berat badan bergerak ke arah berat ideal, termasuk akan menaikkan berat badan jika berada di bawah berat ideal. Cobalah untuk memperbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari secara rutin. Selain akan meningkatkan berat badan tubuh karena lancarnya metabolisme, juga akan meningkatkan massa tubuh secara langsung (air akan didistribusikan ke seluruh tubuh, jaringan otot yang sehat mengandung air hingga 75%).

    1. Makan Teratur

    Anda dianjurkan untuk memperbanyak porsi makan untuk menaikkan berat badan secara cepat, tapi tidak boleh melakukannya secara asal-asalan, harus dilakukan secara teratur, tidak dalam satu kali dua kali makan. Makan pagi, siang, sore, dan malam tidak boleh terlewatkan. Anda dapat makan hingga 4 kali dalam sehari karena ini memang program untuk menaikkan berat badan, meskipun dalam normal memang tidak dianjurkan.

    1. Mengunyah Makanan Sampai Halus

    Selain jadwal makan teratur, ada hal lain lain lagi yang perlu diperhatikan tentang makanan, yaitu mengunyah makanan sampai halus. Mungkin kegiatan ini terasa sangat membosankan dan kelihatan sepele, tetapi hal ini sebenarnya cukup penting. Melakukan hal ini akan cukup membantu mempercepat proses penambahan berat badan Anda. Hal ini dikarenakan makanan yang dikunyah secara halus dapat lebih mudah dicerna oleh perut dan gizinya segera diserap tubuh, apalagi jika Anda mengonsumsi jenis makanan yang keras dan berserat seperti daging misalnya.

    1. Mengatur Waktu Tidur

    Cara menggemukan badan dalam 1 minggu selanjutnya adalah dengan mengatur waktu tidur Anda setiap harinya. Terlalu sering begadang atau tidur terlalu larut malam ternyata juga bisa menghambat penambahan berat badan. Jika bukan melakukan hal yang benar-benar penting, hindari tidur terlalu larut malam, atau bisa juga lakukan kegiatan tersebut kesokan harinya. Cobalah untuk mengatur jadwal keseharian secara lebih baik sehingga ada waktu untuk tidur lebih awal.

Anda juga bisa meminta bantuan kepada ahli gizi untuk mensukseskan program penaikan berat badan Anda. Jadi jangan sungkan untuk berkonsultasi denganahli gizi pribadi Anda.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)