Bestprofit Futures Jakarta

Tidak dapat kita sangkal bahwa kendala utama untuk akses internet di pedalaman terutama untuk wilayah desa-desa adalah keterbatasan adanya sinyal tangkapan dari operator yang masih cukup lemah. Ini menjadikan setiap orang berpikir dua kali untuk menggantungkan pekerjaan ketika sedang berada di kampung halaman, misalnya untuk keperluan sehari-hari dan pemakaian mandiri. Ada banyak cara untuk mendapatkan sinyal yang lebih bagus meskipun berada di daerah terpencil, misalnya dengan cara menguatkan sinyal modem dengan menambahkan antena yagi. Dalam hal ini antena akan berfungsi menguatkan sampai beberapa kali lipat dan memperbaiki sinyal tangkapan yang mungkin terputus dan tidak sempurna. Kelebihan penggunaan antena yagi adalah biaya yang dikeluarkan relatif murah, hanya perlu membeli antena sama kabel, serta socket untuk di sambungkan dengan modem.

Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan modem sebaiknya memilih modem yang sudah ada soket untuk antena eksternal. Dengan begitu akan semakin mudah kita tinggal memasang antena luar dan menyambung secara langsung pada soket modem tersebut. Beberapa modem dari Huawei mendukung colokan langsung yang dapat digunakan untuk antena yagi, misalnya Huawei E160. Kita tinggal mempersiapkan soket dan sambungan yang akan langsung dapat dihubungkan ke antena.

Tentu saja antena yagi harus ditempatkan diluar ruangan yang memperoleh ruang tangkapan lebih luas, idealnya dipasang menggunakan tiang setinggi 10-20 meter untuk mendapatkan sinyal yang baik. Hasil dari percobaan yang penulis lakukan, di wilayah pedalaman Jogja cukup baik. Untuk pemasangan antena yagi menggunakan tiang setinggi 15 meter berhasil memperbaiki sinyal tangkapan yang tadinya cukup lemah menjadi full bar. Bahkan untuk memutar video juga cukup lancar, segala aktifitas internet dapat dilakukan tanpa hambatan lagi Bestprofit Futures Jakarta.

Secara sederhana kita hanya memerlukan biaya untuk pemasangan antena yagi, konektor dan modem senilai 280 ribu. Dengan pengeluaran ini sudah langsung dapat dipasang dan dicoba untuk memperoleh sinyal yang lebih baik. Memang tidak akan sebaik menggunakan penguat sinyal, namun dari segi biaya tentu akan dapat ditekan lebih maksimal.

Apabila penggunaan antena yagi masih dirasa belum mencukupi, maka solusi lain mendapatkan sinyal internet yang lebih baik di daerah pedesaan adalah dengan memasang tower triangle, sehingga kita akan memperoleh akses internet tanpa batas kuota dengan biaya bulanan. Biasanya sudah banyak pihak yang menyediakan untuk paket internet ini, termasuk biaya pemasangan dan pengadaan keperluan untuk pasang tower. Sehingga akan lebih efisien dan tidak merepotkan kita. Pemasangan tower ini akan sangat baik digunakan untuk sekolahan, kantor, atau untuk warnet. Sedangkan untuk keperluan pribadi rasanya masih sangat sayang karena biaya bulanan yang relatif tinggi sehingga penggunaan tidak akan maksimal.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)