Bestprofit Futures Jakarta

Tidak bisa dipungkiri, smartphone memang memudahkan hidup kita. Bukan hanya bisa terhubung dengan internet kapan pun dimana pun, smartphone sekarang bahkan telah dibekali dengan teknologi canggih, seperti kamera, hingga dukungan sensor sidik jari.

Salah satu teknologi smartphone yang juga memudahkan kita adalah dukungan USB OTG. Berkat fitur ini kita bisa mengakses file di Flashdisk langsung di smartphone. Tapi, apakah bisa USB OTG digunakan untuk mengakses Harddisk? Bestprofit Futures

Cara Membaca Hardisk dengan USB OTG

Smartphone yang dibekali fitur USB OTG berarti telah mendukung layanan periferal seperti Flashdisk, keyboard, mouse, dan yang lainnya. Dan termasuk Harddisk. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Harddisk bisa terbaca di smartphone:

1. Format Partisi

Selama ini kamu pasti tidak asing dengan format partisi NTFS dan FAT32 yang ada di komputer. Tapi tahukah kamu apa perbedaan format partisi NTFS dan FAT32? Secara kinerja, format partisi FAT32 yang digunakan Flashdisk dan microSD hanya mampu melakukan transfer data maksimal 4GB dalam satu waktu. Sementara format NTFS yang digunakan hardisk bisa melakukan transfer file dengan leluasa dan lebih cepat.

Nah, sayangnya USB OTG di smartphone sejauh ini hanya bisa membaca perangkat dengan partisi FAT32. Jadi Harddisk yang dibekali partisi NTFS harus diformat ulang terlebih dahulu menjadi FAT32. Resikonya tentu kamu akan kehilangan semua data yang ada di Harddisk, jadi backup terlebih dahulu. Beberapa cara yang bisa kamu coba adalah:

  • Menggunakan Command Prompt. Caranya adalah dengan mengetikkan command: “format /FS:FAT32 X“. X diganti dengan lokasi Harddisk di komputer.
  • Menggunakan MiniTool Partition Wizard. Jika kamu lebih suka menggunakan software untuk memudahkan kinerja, maka kamu bisa gunakan software ini untuk memformat ulang partisi Harddisk dari NTFS jadi FAT32.

Cuma perlu diingat, ketika partisi Harddisk kamu diubah menjadi FAT32, maka kemampuan transfer datanya menjadi terbatas. Tapi kelebihannya kamu jadi bisa akses data di Harddisk kapan pun dimana pun.

2. Arus Listrik Hardisk

Bukan hanya harus berformat FAT32, Harddisk kamu juga butuh arus listrik yang cukup kuat untuk membaca data di dalamnya. Permasalahannya arus listrik dari smartphone tidak cukup kuat untuk membuatnya bisa membaca Harddisk.

Beberapa Harddisk keluaran terbaru sudah dibekali dengan teknologi hemat daya, sehingga bisa terhubung dengan smartphone. Tapi jika kamu punya Harddisk yang butuh tenaga besar, maka kamu harus menggunakan kabel OTG yang dibekali jalur Power Supply.

Nah, itu dia 2 hal yang harus kamu lakukan dan perhatikan jika ingin membuat Harddisk terbaca di smartphone menggunakan USB OTG. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)