http://www.antaranews.com

PT. BESTPROFIT FUTURES

Tokyo (ANTARA News) – Bursa saham Tokyo dibuka 1,92 persen lebih tinggi pada Kamis, didukung oleh kenaikan dolar terhadap yen dan keuntungan di Wall Street.

AFP melaporkan, indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo naik 323,22 poin menjadi 17.142,95 di awal perdagangan.

Dolar berada di 118,80 yen pada Kamis pagi, naik dari 118,63 yen di New York pada Rabu sore dan 117,07 yen di Tokyo, Rabu pagi.

Greenback menguat setelah Federal Reserve AS mengisyaratkan tidak ada perubahan dalam ekspektasinya untuk menaikkan suku bunga pada 2015.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) “menilai bahwa pihaknya dapat bersabar dalam memulai menormalkan sikap kebijakan moneter,” unit kebijakan the Fed mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan dua hari.

The Fed mengatakan kebijakan itu konsisten dengan pernyataan sebelumnya bahwa pihaknya hanya akan memulai normalisasi pada “waktu yang cukup” setelah akhir pembelian aset besar-besaran, yang terjadi pada pertemuan Oktober.

Yen yang lemah positif bagi eksportir Jepang karena membuat mereka lebih kompetitif di luar negeri dan meningkatkan keuntungan mereka ketika dipulangkan.

Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak hampir 300 poin pada Rabu, setelah the Fed tidak melakukan perubahan kebijakan moneter.

Indeks saham unggulan ditutup naik 288,00 poin (1,69 persen) pada 17.356,87.

Di perdagangan saham Tokyo, Sony naik 2,15 persen menjadi 2.416,0 yen dalam beberapa menit pertama perdagangan setelah studio Hollywood-nya membatalkan tanggal rilis 25 Desember untuk “The Interview”, sebuah film parodi yang telah membuat marah Korea Utara dan memicu ancaman mengerikan dari para peretas.

PT. BESTPROFIT FUTURES