http://investasi.kontan.co.id

TOKYO. Mayoritas saham yang diperdagangkan di bursa Asia melaju pada transaksi perdagangan hari ini (4/12). Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 10.01 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,4%.

Sementara itu, indeks Topix kembali naik untuk hari kelima dan melaju 0,7% ke level tertinggi sejak Desember 2007 pagi ini. Sedangkan indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,7%. Adapun indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,8% di Sydney, indeks Kospi Korea Selatan naik 0,7% di Seoul, dan indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,3% di Wellington.

Sejumlah sentimen yang mempengaruhi bursa Asia di antaranya: spekulasi bahwa the Fed akan segera menaikkan suku bunga karena data ekonomi AS yang positif, pelemahan yen Jepang yang mengerek saham-saham berbasis ekspor, serta pergerakan harga minyak dunia.

“Outlook kenaikan suku bunga sepertinya akan segera terlaksana jika ekonomi AS masih tetap kuat. Selain itu, pertemuan ECB nanti malam akan menjadi fokus. Spekulasi yang beredar adalah apakah ECB akan mengumumkan quantitative easing atau tidak,” jelas Mark Smith, senior economist ANZ Bank New Zealand Ltd di Auckland.