Bestprofit Futures Jakarta

Saham Eropa bergerak lebih rendah karena investor menimbang keuntungan back-to-back yang mendorong ekuitas ke level tertinggi dalam hampir sebulan.

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,2 persen pada pukul 08:12 pagi di London. Indeks acuan menguat 3,5 persen dalam dua sesi terakhir, didukung oleh optimisme bahwa perekonomian AS dapat menahan potensi kenaikan suku bunga pada bulan Juni.

Bursa saham Eropa kemarin ditutup hanya 0,6 persen di bawah level tiga bulan tertinggi yang dicapai pada 20 April. Sebelum pekan ini, reli yang mendorong indeks Stoxx 600 sebanyak 16 persen dari terendahnya di bulan Februari telah terhenti di tengah kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan global, pengetatan kebijakan oleh Federal Reserve dan beragamnya laporan laba.

Dalam sejam pertama perdagangan, IHSG masih bertahan di zona hijau dengan menguat 0,46% atau 21,65 poin ke level 4.766,66.

Sentimen positif bertahan di Bursa Efek Indonesia di saat Dewan Gubernur Bank Indonesia memulai rapat kebijakan moneter yang biasanya berlangsung dua hari. BI diproyeksikan kembali menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 7%.

“Dengan asumsi masih bertahannya aksi beli asing yang diikuti aksi beli pelaku pasar lainnya, diharapkan laju IHSG dapat kembali ke zona hijau sepenuhnya. Pasar masih menantikan data selanjutnya terkait pengumuman BI Rate dan berita terbaru emiten“ papar Reza Priyambada dari NH Korindo Securities.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)