Bursa Australia Dibuka Melemah, Rilis Anggaran Federal Kecewakan PAsar

Bursa saham Australia  dibuka melemah menyusul penurunan yang terjadi di Wall Street dini hari tadi selain anggaran pemerintah federal Australia yang banyaknya pemotongan.  Pelemahan indeks ASX 200 hari ini juga dipicu oleh pelemahan saham semua sektor.

Saham raksasa agribisnis yang terdaftar di negara itu, Graincorp turun  0,7 persen setelah membukukan penurunan laba bersih 43 persen pada semester pertama. Demikian juga dengan operator pusat perbelanjaan Westfield  turun 0,4 persen setelah melaporkan penjualan ritel naik 2,8 persen pada kuartal pertama.

Dari sektor telekomunikasi, Telco Optus telah mengumumkan kenaikan laba bersih 15 persen meskipun penurunan pendapatan lima persen  ke $ 8470000000. Sahamnya turun  sementara saham saingannya Telstra juga mengalami penurunan.

Indeks benchmark di bursa saham Australia hari ini terpantau mengalami pelemahan. Indeks S&P ASX 200 membukukan penurunan sebesar 10,20 poin atau 0.2 persen ke posisi 5486.30 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks benchmark di bursa saham Sydney pada sesi perdagangan hari ini akan cenderung melanjutkan penurunannya. Untuk perdagangan hari ini indeks ASX 200 akan mengalami pergerakan pada kisaran 5460 – 5500 poin.