Bestprofit Futures

Sebagian besar indeks di bursa AS ditutup melemah di penutupan perdagangan awa pekan, Senin atau Selasa dini hari (31/1/2017). Bestprofit Futures

Melemahnya saham-saham di bursa AS dipicu oleh kekhawatiran investor terhadap dampak pembatasan imigran yang dilakukan oleh Trump. Kebijakan tersebut disebut tidak ramah terhadap pasar.

Hal ini mengakhiri sentimen positif terhadap pemerintahan Trump, yang sebelumnya mampu mendorong Wall Street bergerak positif.

Indeks Dow Jones Industrial ditutup turun 122,65 poin atau 0,61 persen di posisi 19,971.13. Sementara itu indeks S&P 500 kehilangan 13,79 poin atau 0,60 persen menjadi 2.280,9 dan indeks Nasdaq Composite turun 47,07 poin atau 0,83 persen ke level 5.613.71.

“Investor fokus pada kebijakan pro-growth  Trump dan bukan pada yang merugikan aktivitas ekonomi seperti protektsionisme,” ujar Peter Cardillo, chief market economist pada First Standard Financial, New York.

Saham-saham sektor technology, sektor yang secara terbuka menyatakan keberatan terhadap kebijakan imigrasi Trump, menjadi pembeban paling besar terhadap indeks S&P 500.

Penurunan yang terjadi pada awal pekan ini merupakan yang terbesar bagi indeks Dow sejak October,sedangkan indeks S&P dan Nasdaq mencatatkan pelemahan paling dalam sejak December.

Presiden AS Donald Trump menandatangani surat perintah untuk memangkas regulasi federal. Dalam aturan baru tersebut, lembaga-lembaga pemerintahan wajib memangkas dua regulasi untuk setiap aturan baru yang diperkenalkan.

Mengutip Reuters, Selasa (31/1/2017), surat perintah tersebut diteken Trump di Ruang Oval di Gedung Putih, Washington DC, Senin (30/1/2017) pagi waktu setempat. Saat tanda tangan, Trump didampingi oleh beberapa pimpinan usaha kecil. Bestprofit Futures

“Ini akan menjadi aturan terbesar yang pernah dialami negara kita. Akan ada regulasi, akan ada kendali, namun ini akan menjadi normalisasi kontrol,” ujar Trump.

Seorang pejabat senior Gedung Putih menyatakan bahwa kebijakan baru yang diteken Trump ini akan mempersiapkan proses bagi Gedung Putih untuk mengatur batas tahunan terhadap biaya regulasi baru.

Untuk tahun fiskal 2017, batasan regulasi baru akan berada pada posisi nol dollar AS.

Sebelumnya, pada periode kampanyenya, Trump menyerukan bakal memangkas regulasi-regulasi yang ada di AS saat ini. Pasalnya, menurut dia, banyak regulasi tersebut merugikan bagi dunia usaha di AS.

Beberapa kebijakan yang sudah diteken Trump adalah aturan larangan imigrasi bagi warga dari tujuh negara Muslim.

Selain itu, Trump juga telah menyetujui keluarnya AS dari Kemitraan Trans-Pasifik (TPP). Tidak hanya itu, Trump juga menandatangani perintah pembangunan tembok di perbatasan AS dan Meksiko.

( mfs – Bestprofit Futures )