Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari detik.com

best profit 179Pasca kemenangan pasangan nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla, dalam pemilihan presiden (pilpres) 2014, pasar keuangan menunjukkan respons positif. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 35,156 poin (0,69%) di posisi 5.118,677.

 

Kemenangan Jokowi ini ditanggapi positif oleh perusahaan sekuritas alias broker asing, Maybank-Kim Eng. Dalam risetnya, disebutkan bahwa IHSG dalam jangka panjang akan melanjutkan penguatannya hingga ke level 6.000.

 

“Kami mengulangi pandangan optimistis kami bahwa Indeks dalam jangka panjang hingga 2015 akan bullish dengan sasaran di level 6.000,” kata Wilianto Le, Head of Research Maybank-Kim Eng, dalam risetnya seperti Rabu (23/7/2014).

 

Riset tersebut menyebutkan, meskipun kemarin Prabowo Subianto sempat menolak hasil rekapitulasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), tetapi hal tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap pasar. Oleh karena itu, laju penguatan sepertinya sulit untuk tertahan.

 

“Meskipun sempat ada penolakan hasil pilpres oleh Prabowo, kita melihat peralihan kekuasaan berlangsung damai. Dengan demikian, pasar harus terus melihat bias positif dan akan kembali fokus ke kinerja emiten pada kuartal II-2014,” lanjut Wilianto.

 

Penguatan IHSG pagi ini diikuti oleh pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah dibuka di posisi Rp 11.510 per dolar AS, menguat dibandingkan ketika penutupan perdagangan kemarin di Rp 11.590 per dolar AS.

 

 

(drk/hds)