http://smart-money.co

Mendirikan usaha sendiri memang memang bukan perkara mudah, malah bisa menyeramkan karena kemungkinannya ada dua, sukses atau gagal. Bila sukses, kamu akan memiliki sumber pendapatan pasif yang tentunya sangat menarik.

Buat kamu yang punya nyali mendirikan usaha sendiri dan keluar dari zona nyaman mendapat gaji bulanan, tentu kekhawatiran muncul soal tabungan yang nantinya akan terus menipis.

Meski demikian, berada dalam kondisi menuju kebangkrutan ini akan mengasahmu menjadi pengusaha yang lebih baik.

Dalam kondisi nyaris bangkrut, kamu akan punya pertanyaan yang lebih baik dan mendapat jawaban yang lebih baik pula. Sebagai pengusaha, kamu akan mengalami titik atas dan bawah paling ekstrim.

Ketika kamu tersudut dan masa depan bisnismu terancam, menjaga sikap untuk tetap positif tidaklah mudah. Selama masa-masa menantang ini, kamu harus memerhatikan pertanyaan yang kamu tanyakan untuk dirimu sendiri.

Alih-alih bermain sebagai korban dan bertanya ‘mengapa hal ini terjadi padaku?’, sebaiknya pilih pertanyaan yang lebih produktif seperti ‘pelajaran apa yang bisa dipetik dari situasi ini?’.

Melalui pertanyaan produktif ini, kamu akan mampu melakukan analisis atas apa yang paling berharga dalam hidup dan bisnismu, serta memastikan semua sumber berharga dialokasikan secara benar.

Dalam kondisi nyaris bangkrut juga, kamu akan mendapatkan kembali dasar apa yang membuatmu sukses. Seiring kesuksesan yang kamu dapat dalam karir, dan semua menjadi nyaman, kamu cenderung melupakan hal kecil yang membuatmu sukses ketika awal berjuang.

Ketika kamu bangun dan berada dalam masalah, pengusaha sering kali mencari nasihat dari pengusaha yang lebih sukses. Jadi, ketika hal menjadi sulit dalam hidupmu, tanyakan pada dirimu sendiri, ‘apakah langkah yang kamu ambil masih membuat sesukses dulu?’

Dari sini, kamu akan menyadari bahwa kamu sudah terlalu nyaman dan kehilangan arah. Jika ini jawabannya, sudah waktunya kamu kembali ke cara-cara awalmu.

Kamu juga harus sadar bahwa kamu adalah masalah dan harapan bukanlah rencana. Melakukan evaluasi pada diri dan situasi yang kamu hadapi tidaklah datang secara alami pada semua orang.

Kebanyakan akan berharap situasi akan berubah. Sayangnya, harapan bukanlah rencana. Sebagai pengusaha, kamu akan menemukan bahwa salah satu kualitas menakjubkan dari dirimu adalah kemampuan menciptakan sesuatu dari nol.

Hal yang menahanmu mendapat ide untuk berkreasi dan membuahkan hasil kebanyakan adalah dirimu sendiri. Pengusaha terbaik akan mengenali fakta ini ketika situasi menjadi keras dan sulit.

Belajarlah menurunkan ego dan lihat dirimu secara obyektif. Sudah mendapatkan jawabannya? Kini, sudah waktunya kamu mengeksekusi rencanamu dan menciptakan kehidupan yang pantas kamu dapatkan.