BI Luncurkan Uang NKRI Pecahan Rp 100 Ribu

Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari tribunnews.com

best profit 2iDirektur Divisi Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Lambok Antonius Siahaan, mengatakan bahwa peluncuran uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan pecahan Rp 100 ribu untuk memudahkan masyarakat. Ditargetkan jumlah uang baru yang dikeluarkan mencapai Rp 500 triliun.

 

“Jumlah ini dilakukan secara bertahap, kita tidak mau menyusahkan masyarakat dengan uang tersebut, yang terpenting tidak memberatkan masyarakat,” kata Lambok di Jakarta, Senin (18/8/2014).

 

Lambok tidak menjelaskan uang yang disebar dalam uang NKRI pertama yang memiliki design sama dengan bahan yang berbeda. Rencananya memang uang ini memiliki tingkat pengamanan yang lebih tinggi ketimbang sebelumnya.

 

“Kita harapkan lebih bagus lagi pengamannya karena ada securiti features dan optical features untuk tingkat keamanan dan ada huruf yang bisa dibaca dalam benang yang ditengah itu, itu mengapa uang ini tingkat keamanannya lebih tinggi,” katanya.

 

Selain uang pecahan Rp 100 ribu, dia mengatakan bahwa BI akan mengeluarkan uang kepingan logam senilai Rp 1000. Nantinya kepingan uang itu akan menggantikan uang giral Rp 1000 yang selama ini kerap digunakan masyarakat.

 

“Kita harapkan ada pergantian, namun kita belum bisa tentukan kapan dan jumlah yang akan kita sebar ke masyarakat,” katanya.