BESTPROFIT FUTURES- Seperti yang telah kita ketahui bersama kerjasama tim dalam perusahaan bertujuan untuk mewujudkan visi besar perusahaan,  seperti kemajuan perusahaan. Seorang individu yang bekerja secara pribadi hanya mampu meraih sukses dalam skala yang lebih kecil, tetapi individu-individu yang berkumpul dan bekerja sama akan lebih mungkin untuk meraih sukses dan hasil yang lebih besar. Bila semua anggota tim dapat menyumbangkan kompetensinya dalam perusahaan dalam format tim, tentu bukan mustahil meraih keberhasilan yang besar.

Selain mempunyai fungsi efektifitas dan efisiensi dalam organisasi, kerjasama tim juga berguna untuk mengembangkan karakter individu para anggota tim. Dengan bekerja dalam tim sikap, karakter, dan nilai individu dapat berubah menuju ke arah yang lebih positif. Bekerja dalam tim juga akan membuat tingkat stres akibat beban kerja akan berkurang karena dipikul bersama-sama, dan selain itu tanggung jawab kerja juga menjadi beban bersama. Berikut ini adalah karakter individu yang dapat berkembang dalam teamwork.

  • Ikhlas dan rendah hati

Untuk meraih keberhasilan dalam tim setiap anggota tim harus menyingkirkan ambisi pribadinya misalnya ingin mendapat kehormatan atau reward secara pribadi. Diperlukan pengendalian diri dan sikap rendah hati untuk tidak berlaku ingin menonjolkan diri walaupun anda tahu bahwa kompetensi yang anda miliki lebih mumpuni daripada rekan sesama anggota tim. Kerjasama tim akan mendidik kita untuk memiliki karakter ikhlas dan belajar untuk lebih rendah hati.

  • Toleransi

Untuk meminimalkan konflik dalam teamwork, semua anggota tim harus mempunyai tolerasi yang tinggi dan kesediaan untuk saling memahami karakter masing-masing. Dengan pemahaman yang tinggi, anda akan lebih mengerti dan dapat berempati atas sikap dan perilaku seseorang.

  • Kepemimpinan

Kedudukan semua orang dalam kerjasama tim adalah setara, oleh karena itu sikap kepemimpinan harus dimiliki oleh semua anggota tim. Sekali waktu anda harus membuat keputusan bagi seluruh tim dan berbagi peran kepemimpinan atas berbagai kondisi yang mungkin terjadi.

  • Mengelola emosi dan bersikap dewasa

Kedewasaan dan keterampilan mengelola emosi adalah hal yang sangat penting dalam kerjasama tim. Di dalam tim, anda bisa belajar mengutarakan maksud kita dengan kepala dingin tanpa melibatkan emosi atau bahkan berkata kasar. Kedewasaan anda juga akan terlihat dari kesediaan anda menerima kritik dengan lapang dada, introspeksi, dan melakukan upaya perbaikan.

  • Keterampilan untuk menyesuaikan diri

Di dalam tim, anda akan bekerjasama dengan rekan kerja yang mempunyai berbagai karakter, beragam perilaku, dan beraneka sikap. Beradaptasi adalah kemampuan yang harus anda miliki dalam tim sehingga memungkinkan anda untuk bisa bekerjasama dan menghadapi berbagai jenis karakter. Jika anda mampu menyesuaikan diri, maka anda akan dapat berkontribusi dengan maksimal dalam suasana kerja yang nyaman dan minim dari  konflik.

Karakter-karakter tersebut di atas dapat diasah jika anda menjadi anggota sebuah tim dalam perusahaan. Kemampuan untuk bekerjasama sering menjadi salah satu persyaratan yang diajukan oleh perusahaan dalam merekrut para pekerjanya karena kemampuan ini bukanlah hal yang dapat disepelekan. Secara teori memang terlihat mudah untuk terlibat dalam kerjasama tim, tetapi pada kenyataannya hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan.

Semakin banyak kepala dalam sebuah tim, akan semakin sulit tercapai kesepakatan jika tidak ada kesepahaman dan toleransi yang tinggi antar sesama anggota. Keterampilan untuk bekerjasama sebenarnya dapat dipelajari, oleh karena itu banyak perusahaan yang secara rutin mengadakan seminar, pelatihan, dan outbond training untuk membentuk semangat kerjasama dan membentuk tim yang solid. BESTPROFIT FUTURES.