BESTPROFIT FUTURES- Salah satu hal yang bisa membuat orang bertahan dalam dunia bisnis yang keras dan penuh persaingan adalah motivasi bisnis yang terus-menerus menyala. Motivasi bagaikan nyawa dalam mengejar kesuksesan dan keberhasilan karena tanpa motivasi, semangat dan energi seseorang akan berkurang sedikit demi sedikit hingga akhirnya menghilang tanpa bekas. Kehilangan motivasi atau keinginan adalah hal yang sering terjadi pada pebisnis pemula sehingga mereka memutuskan menghentikan bisnisnya dan kembali ke kantor untuk bekerja dan berada di dalam zona aman.

Motivasi selain merupakan sumber energi untuk terus bertahan dan berjuang dalam berbagai tantangan, termasuk dalam dunia bisnis, juga merupakan peta arah yang bisa menuntun orang yang bersangkutan untuk mencapai tujuan. Bayangkan apabila orang sudah tidak punya motivasi bisnis dalam hidupnya untuk meraih sesuatu, tentu ia hanya akan menjadi mayat hidup seolah hidup segan tapi mati tak ingin. Kehilangan kepercayaan diri, kehilangan fokus, dan kehilangan tujuan adalah hal-hal yang bisa menyebabkan hilangnya motivasi diri.

Motivasi bisnis, apakah abadi?

Sayangnya, motivasi yang menggerakkan orang pada masa-masa awal ini tidak bisa bertahan selamanya, hampir sama seperti kebersihan badan kita. Sebersih apa pun kita mandi, tubuh kita tetap akan kotor kembali sehingga kita dianjurkan untuk mandi setiap hari. Sama dengan motivasi, kadang-kadang kita merasa semangat kita menyala-nyala pada awal menjalankan bisnis, tetapi lama-kelamaan bisa padam sehingga kita dianjurkan untuk terus menjaga motivasi agar tetap hidup dalam diri kita, termasuk motivasi bisnis, atau keinginan lain dalam hidup. Berikut ini adalah tips menjaga motivasi yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips menjaga motivasi

 

Menjaga motivasi bisa dilakukan dari dalam diri kita sendiri, atau kita dapatkan dari luar. Untuk menjadi motivator bagi diri kita sendiri, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini

  • Beri hadiah diri sendiri

Untuk mempertahankan motivasi bisnis, ciptakan reward bagi diri sendiri sehingga Anda bersemangat mengejar target. Misalnya, saya akan mentraktir diri saya dengan makan malam di restoran mewah yang lezat jika berhasil mendapatkan order dalam jumlah sekian.

  • Bayangkan kegagalan

Jika Anda mulai malas dalam menjalankan roda perusahaan, bayangkan kegagalan dalam benak Anda jika Anda tidak bisa mencapai sukses. Bayangan yang bisa Anda gunakan misalnya, kalau bisnis saya tidak berhasil selamanya saya akan tinggal di rumah kontrakan yang sempit dan bocor. Ketakutan ini bisa melecut semangat Anda kembali untuk bekerja keras.

  • Buatlah business plan yang realistis

Salah satu cara mempertahankan motivasi adalah jika Anda mempunyai perencanaan bisnis yang realistis dan bisa dicapai. Semakin sederhana rencana tersebut akan semakin baik karena bisa membuat Anda lebih percaya diri dalam mencapai target yang telah ditetapkan.

Untuk menjaga motivasi diri, kita juga bisa mendapatkan kekuatan dari luar atau dari faktor-faktor eksternal misalnya bergaul dengan orang-orang yang positif, berpikiran terbuka, dan mempunyai motivasi tinggi dalam mencapai keinginannya. Hal itu akan bisa mempengaruhi pola pikir kita, karena sikap dan karakter mereka, berikut energi mereka yang positif akan menular pada diri kita. Berada di lingkungan orang-orang seperti itu akan membantu kita untuk mempertahankan motivasi tetap menyala dalam hati.

Membaca buku motivasi dan mengikuti seminar motivasi diri oleh motivator yang kompeten juga bisa menjadi alternatif cara untuk mempertahankan motivasi bisnis dalam diri. Saat ini sudah banyak sekali motivator yang mengadakan pelatihan di berbagai kota di Indonesia. Anda tinggal memilih siapa motivator yang bisa menyalakan kembali api semangat dalam diri Anda. -BESTPROFIT FUTURES.