Bestprofit Futures Jakarta

Fenomena luar angkasa seyogyanya selalu menjadi hal yang banyak dinantikan oleh kita. Hujan meteor, gerhana matahari total, hingga terjadinya Super Moon selalu jadi hal yang menarik untuk disimak.

Alih-alih menjadi perhatian, pernah kah kamu terpikir jika jatuhnya objek dari luar angkasa itu akan membawa petaka? Pasalnya saat ini para astronom sedang mengawasi sebuah meteor besar yang diperkirakan sedang menuju bumi, dan berpotensi menyebabkan “kiamat”!

Meteor Raksasa Akan Menghantam Bumi

kiamat-agustus-karena-meteor (1)

Dilansir dari Daily Star, ilmuwan NASA menyatakan bahwa ada batu meteor dengan panjang kira-kira 120 meter tengah bergerak menuju Bumi. Alih-alih banyak dinantikan sebagai fenomena alam, meteor yang terus bergerak mendekat dan akan semakin dekat pada tanggal 2 Agustus mendatang ini justru harus diantisipasi.

Bahaya Meteor Raksasa Jika Menghantam Bumi

Tahukah kamu, meteor sepanjang 45 meter yang jatuh 49.000 tahun lalu di Arizona telah membuat kawah besar di Bumi (disebut kawah Barringer)? Akibat kejatuhannya, kawah Barringer memiliki lebar 2 kilometer dan kedalaman 175 meter! Sekarang, apa jadinya jika meteor sepanjang 120 meter menabrak bumi?

kiamat-agustus-karena-meteor (3)

Menurut para ahli, jika terdapat objek luar angkasa yang panjangnya melebihi 100 meter menabrak Bumi, maka akan berpotensi menghasilkan efek yang sangat fatal. Skenario terburuk bagi Bumi adalah menyemburnya debu luar angkasa ke atmosfer yang mengakibatkan menurunnya temperatur suhu global hingga 8 derajat Celcius!

kiamat-agustus-karena-meteor (4)

Dan jika ini terjadi, maka suhu di Bumi selama beberapa tahun ke depan akan menjadi lebih dingin dan lebih gelap dari biasanya. Menyeramkan! Pasti akan terasa seperti zaman es mini.

“Kiamat” Masih Bisa Dihindari

Di tengah ancaman serius meteor besar yang akan jatuh ke bumi, NASA mengungkapkan bahwa ada asteroid yang akan menyelamatkan bumi. Asteroid bernama 2016 NX22 diperkirakan akan memiliki momentum dengan meteor tersebut, sehingga mampu memantulkannya sejauh 4,5 kilometer. Kedengaran cukup untuk memberikan tambahan waktu ya?

kiamat-agustus-karena-meteor (2)

Tapi rupanya ancaman tersebut tidak serta merta hilang, karena masih ada sisa 100 meter badan asteroid yang akan menabrak bumi. Sampai saat ini masih belum diketahui perkiraan jatuhnya meteor, dan negara mana saja yang akan terkena dampaknya. Untuk sekarang, marilah kita sama-sama berdoa asteroid tersebut tidak jadi jatuh ke bumi.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)