http://inet.detik.com

Jakarta – Menulis di blog, jika ditekuni dan memang kontennya menarik, bisa menghasilkan uang tidak sedikit. Contohnya saja gadis jelita yang satu ini. Berkat blog kecantikan yang serius dikelolanya, ia menjadi bintang dan meraup uang sampai miliaran rupiah.

Zoe Elizabeth Sugg, demikian nama lengkapnya. Tapi di internet, dia lebih akrab dipanggil dengan nama Zoella. Wanita asal Inggris yang baru berusia 24 tahun itu memulai kisah gemilang dari sebuah blog yang dibuatnya pada tahun 2009.

Sugg dahulu magang di sebuah perusahaan desain interior sebelum membuat blog bernama Zoella itu. Blog ini membahas soal kecantikan, lifestyle dan fashion, ditujukan untuk kalangan remaja. Tak dinyana blog itu sukses besar dan pada Maret 2014 sudah menerima 140 juta kunjungan.

Tak berhenti sampai di situ saja. Gadis yang punya modal tampang menaawan sekaligus berbakat ini sadar ia punya peluang besar untuk mengepakkan sayap lebih tinggi di dunia maya.

Maka, ia membuat channel di YouTube, dengan konten video-video kecantikan menarik yang dibuatnya. Channel tersebut kembali meraih sambutan meriah, dengan jumlah hit saat ini mencapai 12 juta setiap bulan.

Zoella kemudian juga membuka akun Twitter dan langsung menggebrak. Penggemarnya memang sangat banyak. Ia sekarang memiliki follower Twitter di kisaran 2,55 juta.

Popularitas digenggam, uang pun mengalir dengan sendirinya. Diperkirakan, dalam setahun Zoella meraup pendapatan sampai 300 ribu poundsterling atau di kisaran Rp 5,7 miliar. Ya, para pengiklan berdatangan memanfaatkan popularitasnya itu.

Zoella kini tinggal di Brighton bersama pacarnya, Alfie Deyes. Ia baru saja menyelesaikan novel pertamanya yang laku keras, Girl Online. Bahkan sebelum diterbitkan, pesanan pada novel itu sudah mengalir deras.

Rahasia Sukses

Apa rahasia sukses seorang Zoella sehingga mampu menjadi semacam selebritis terkenal di internet? Padahal latar belakangnya biasa-biasa saja.

Rupanya ia mengaku coba bertingkah senormal mungkin layaknya gadis remaja biasa. Justru hal itu yang membuatnya terkoneksi dengan para fans.

“Aku ini ya hanya seperti ini. Aku pikir mereka suka nonton videoku dan aku membantu mereka dalam beberapa cara. Banyak orang mengatakan bahwa aku mengubah hidup mereka dan aku sungguh bahagia,” kata Zoella.

“Aku sebenarnya tidak pernah mengharapkan semua hal ini jadi aku nikmati saja dan memanfaatkannya semaksimal mungkin. Tidak ada yang tahu kan apa yang akan terjadi lima tahun lagi,” tambah dia.

Dalam mempromosikan sesuatu pun, Zoella selaluu berhati-hati demi kepuasan penggemarnya. Jika sebuah produk dirasanya tidak menarik, ia tak segan menolaknya meski dijanjikan bayaran tinggi.

“Uang sebanyak apapun tidak bisa menggodaku untuk mempromosikan sesuatu yang aku sendiri tidak yakin. Aku membangun komunitas orang yang percaya pada pendapatku dan aku menghargai itu lebih daripada uang,” kata dia lagi.

Beberapa penghargaan sudah disabet Zoella. Di antaranya Best Established Beauty Blog oleh majalah Kosmopolitan. Kemudian Best British Vlogger di Radio 1 Teen Awards.