Berbisnis dari Nol, Ini Daftar Suami Istri yang Sukses Jadi Miliarder

http://bisnis.news.viva.co.id

Salah satu pasangan, merupakan imigran yang diusir dari Israel.

VIVAnews – Baru-baru ini, majalah ekonomi terkemuka Forbes mengulas profil pasangan suami istri pendiri Houzz. Mereka berdua sukses bekerja sama membangun bisnis mulai dari meja dapurnya lima tahun yang lalu.

Dikutip dari laman Forbes, Senin 3 November 2014, keduanya merupakan imigran yang diusir dari Israel. Mendapatkan ide dari kondisi serba terbatas, mereka kemudian merenovasi rumah peternakan di Palo Alto menjadi memiliki empat kamar tidur.

Mereka kemudian memutuskan untuk membuat Houzz, situs online di mana para pemilik rumah bisa mencari hingga puas ide-ide desain rumah impiannya.

Berkat kerja keras dan pantang menyerah, hari ini, mereka berdua, Adi Tarako dan Alan Cohen, yang memiliki tiga orang anak, berhasil menyulap bisnis itu menjadi perusahaan keluarga dengan omzet yang menggembirakan.

Situs yang ia buat itu menarik lebih dari 25 juta pengunjung per bulannya, dan saat ini bernilai US$2 miliar.

Pasangan yang memiliki sepertiga dari saham perusahaan itu, setidaknya memiliki US$0,5 miliar.

Usaha keras dan saling mendukung di antara mereka, mendorong mereka sejajar dengan beberapa pengusaha elit Amerika Serikat.

Selain mereka berdua, ada jutaan pasangan lain yang memulai bisnis bersama dari nol hingga menjadi miliarder.

National Federation of Independent Business memperkirakan ada 1,2 juta suami dan istri yang berhasil menjalankan perusahaan. “Mereka menjalankan kerja sama yang solid, suami dan istri saling berbagi tanggung jawab dan peran,” ujar juru bicara NFIB, Jack Mozloom.

Namun, hanya sebagian dari mereka, menurut penelitian Forbes, setelah mencapai kesuksesan dan kekayaan yang besar, tetap memilih masih mempertahankan pernikahannya.

Forbes AS menemukan delapan pasangan suami istri miliarder yang berhasil menjalankan usaha mulai dari nol, hingga mencapai kesuksesan, dan tetap memilih menikah.

Pertama, pasangan Stewart dan Lynda Resnick, yang telah memulai bisnis bersama sejak 1970-an. Mereka saat ini menjadi salah satu produsen besar jeruk mandarin, buah delima. Selain itu, pemilik perusahaan air minum Fuji Water dan layanan pengiriman bunga, Teleflora.

Lain lagi dengan imigran Korea, Do Won dan Jin Sook Chang, yang memilih menetap di California Selatan pada 1981, dan saat ini memiliki Forever21, rantai penjual fashion dengan angka penjualan US$3,7 miliar.

Chang menikah dengan Do Won lebih dari tiga dekade dan membuka toko fashion pertama mereka pada tahun 1984. Forever21, saat ini bernilai US$5,2 miliar.

Selain itu, imigran yang lahir di Tiongkok (Andrew) dan Birma (Peggy), saling bertemu di Bakir University di Baldwin, Kansas, kemudian melanjutkan gelar master di University of Missouri, di mana Andrew mendapatkan gelar master di bidang ilmu matematika, dan Peggy di bidang teknik listrik.

Setelah itu, Andrew kemudian pindah ke California untuk bekerja di restoran sepupunya dan memberanikan diri membuka restoran sendiri pada 1973.

Satu dekade kemudian, dia dan Peggy fokus mengembangkan restoran di mall. Hari ini, mereka memiliki 1.700 restoran.

“Kami telah saling mengenali kekuatan masing-masing dan memanfaatkannya dengan baik untuk mengembangkan bisnis restoran kami,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, bahwa ikatan pernikahan kadang tidak selalu membuat mereka bisa bekerja sama dengan baik.

“Kami harus belajar bagaimana menyelesaikan perselisihan bisnis, ini bukan tentang cara saya adalah yang terbaik, atau cara dia adalah yang terbaik,” ungkap Andrew, yang akan merayakan ulang tahun pernikahan ke-40 tahun depan.

Miliarder lain, Steve dan Elaine Wynn, pemilik kerajaan bisnis kasino dan resort. Sayangnya, mereka harus bercerai, menikah lagi, dan bercerai kembali pada 2010.

Sebagai bagian dari penyelesaian perselisihan mereka, Elaine menerima 11 persen saham perusahaan.

Berikut adalah pasangan suami istri yang sukses membangun bisnis mereka dari nol hingga menjadi miliarder.

1. Stan Kroenke & Ann Walton Kroenke, dengan jumlah kekayaan US$10,7 miliar.

2. Don & Jn Sook Chang, dengan jumlah kekayaan US$5,2 miliar.

3. Marion & Michael Ilitch, dengan jumlah kekayaan US$4 miliar.

4. Stewart & Lynda Resnick, dengan jumlah kekayaan US$3,8 miliar.

5. Tom & Judy Love, dengan jumlah kekayaan US$3,3 miliar.

6. Andrew & Peggy Cherng, dengan jumlah kekayaan US$2,9 mliar.

7. Bharat Desai dan Neerja Sethi, dengan jumlah kekayaan US$2,4 miliar.

8. Weilei Dai dan Sehat Sutardja, dengan jumlah kekayaan US$1,2 miliar. (asp)